BIC

INTERNATIONAL STUDY TOUR 2018 “Travel is the Best Way to Learn”

        Pada 11- 14 September 2018 lalu,  Binus Business International Club(BIC) bersama dengan School of  Business Management -(International Business Management Program) telah selesai mengadakan sebuah event International yaitu International Study Tour (IST) ke Phranakhon Rajabhat University, Bangkok-Thailand. Pada IST tahun ini, BIC mengusung kan tema “Travel is the best way to learn “ , dimana kami memadukan anatara konsep travel dengan education secara bersamaan.

            IST tahun ini diikuti oleh 38 peserta dan 3 dosen pembimbing dari School of  Business Management -International Business Management Program. Ada pun tujuan dari IST ini yakni memberikan pengetahuan tentang sistem pendidikan dan perekonomian di Thailand, Yang mana meskipun Thailand dan Indonesia  dulu nya memiliki sistem pendidikan dan perekonomian yang tidak jauh berbeda, namun beberapa tahun ini, Thailand sudah banyak merombak sistem pendidikan dan perekonomiannya. Dengan IST kali ini,  kami ingin menambah wawasan dan pengetahuan tentang pelaksanaan kurikulum universitas yang ada di luar negeri dan perusahaan luar negeri bagi mereka yang ingin melajutkan studi atau magang; Meningkatkan pemikiran yang kritis dan inovatif, guna untuk mendorong kemajuan bisnis dan sistem pendidikan di Indonesia ; Melihat fasilitas yang dimiliki dan sistem pembelajaran di universitas yang dikunjungi agar dapat membandingkannya ; Serta memberi gambaran bisnis bagi mereka yang ingin memulai bisnis import atau export barang dari atau ke Thailand yang mana zaman sekarang banyak orang-orang yang memulai bisnis dari sistem jastip dari berbagai negara, salah satunya yaitu barang-barang dari Thailand

            Pada IST ini, kami mengunjungi banyak tempat, seperti pasar tradisional dan modern yang ada dikota bangkok, hal ini bertujuan agar mahasiwa dapat melihat perbandingan antara kedua pasar dan menganalisis apa yang menjadi ciri khas dari masing-masing pasar dan bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu.

 

          Selain pasar, kami juga mengunjungi sejumlah tempat wisata seperti Grand Palace, yang merupakan tempat dengan pemandangan terbaik di kota Bangkok. Grand Palace dibangun pada tahun 1782, dan selama 150 tahun grand palace merupakan rumah dari Raja Thailand, pengadilan Royal dan kantor administrasi pemerintahan . Namun kini kompleks Grand Palace telah menjadi pusat spiritual dari Kerajaan Thailand.

   Dalam kompleks Grand Palace ini berdiri beberapa bangunan yang mengesankan termasuk Wat Phra Kaew (Kuil Emerald Buddha), yang berisi Emerald Buddha kecil yang sangat terkenal dan sangat dihormati. Kuil ini berasal dari abad ke-14.

          Di hari yang berbeda kami juga mengunjungi Bang Pa-In Royal Palace (yang juga dikenal sebagai Summer Palace), adalah sebuah kompleks istana yang dulunya digunakan oleh raja-raja Thailand. Bang Pa-in Royal Palace ini terletak di samping Sungai Chao Phraya di Bang Pa-in District, Provinsi Phra Nakhon Si Ayutthaya.


Tak sekedar mengunjungi sejumlah tempat wisata yang ada di Bangkok saja, kami juga mengunjungi Phranakhon Rajabhat University. Disana kami diajarkan mengenai musik dan tarian trandisional Thailand dan juga  mengadakan sesi Lecturing dengan tema “Thai Businesses in Globalized market” . Selama sesi lecture ini, kami dijelaskan mengenai perekonomian Thailand, mulai dari sistem, policy dan juga perkembangan perekonomian dari tahun ke tahun.