BIC

ECONATION : Day 1 & Day 2

“ECONATION – Economic and Innovative Competition” yang mengusung tema Act Locally Think Globally merupakan sebuah business plan competition bertaraf nasional dibawah naungan BINUS Business International Club yang diikuti oleh peserta dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Universitas dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ECONATION ini diadakan dengan tujuan untuk memacu daya pikir kreatif serta inovatif peserta serta mendorong para wirausahawan muda sehingga dapat berkontribusi dalam perekonomian.

Pada Sabtu, 24 November 2018, rangkaian acara besar ECONATION secara resmi dimulai dengan seminar pembuka yang dibawakan oleh Brian Marshal, CEO dari Sirclo. Kemudian dilanjutkan dengan Microtrade, yang merupakan sebuah permainan edukasi yang bertajuk simulasi kegiatan perdagangan internasional (ekspor-impor). Konsep permainan Microtrade yang diciptakan langsung oleh BINUS Business International Club diikuti oleh para peserta lomba dengan penuh antusias. Bukan merupakan permainan biasa, melalui Microtrade para peserta lomba mendapat gambaran nyata mengenai proses ekspor-impor dan strategi untuk menghasilkan profit semaksimal mungkin. Acara pembukaan ECONATION pada hari itu ditutup dengan Technical Meeting bagi para peserta dimana mereka memperoleh penjelasan mengenai babak semifinal secara teknis dari para panitia penyelenggara lomba.

Senin, 26 November 2018 merupakan babak penyisihan kedua bagi team peserta yang berhasil lolos dari babak penyisihan proposal bisnis yang sebelumnya telah dikirimkan. Pada hari itu, sebanyak 13 team diberikan kesempatan untuk mempresentasikan business plan mereka dihadapan para juri yang ahli dalam bidangnya. Meskipun setiap team telah menampilkan rencana bisnis terbaik mereka, dalam babak semifinal ini sebanyak 6 team harus tersisih sementara 7 team terbaik berhak melaju ke babak selanjutnya, babak final.

Rangkaian acara menarik ECONATION masih akan terus berlanjut. Pada Jumat, 7 Desember 2018 mendatang, para peserta yang berhasil lolos dari babak semifinal akan memperoleh kesempatan untuk belajar secara langsung di lapangan melalui kegiatan company visit ke PT. Bizzy Commerce Indonesia, sebuah perusahaan yang merupakan salah satu pionir business-to-business bidang e-commerce di Indonesia.

Acara tahunan terbesar BINUS Business International Club ini akan mencapai puncaknya pada Sabtu, 8 Desember 2018. Dimana babak final akan digelar dan kemudian dilanjutkan dengan winner announcement serta gala dinner sebagai puncak penutupan seluruh rangkaian acara. Diharapkan melalui business plan competition ini, ide-ide kreatif para generasi muda Indonesia dapat semakin tersalurkan dan dapat berkontribusi aktif bagi negara.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai semarak acara ECONATION, nantikan terus informasinya di sosial media resmi ECONATION @econation.bic (Instagram).

ECONATION – #ActLocallyThinkGlobally.