BIC

Company Visit 2018 : The Gateway to World Trade

Pada hari Selasa, 8 Mei 2018, Binus Business International Club bersama dengan School of Business Management – International Business Management Program berkesempatan untuk menyelenggarakan kegiatan Company Visit 2018 : The Gateway to World Trade dengan target perusahaan PT. Jakarta International Container Terminal (JICT) dan KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok. Kunjungan ini diikuti oleh 45 orang mahasiswa beserta 3 orang dosen pendamping. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai penunjang materi yang mahasiswa pelajari di dalam kelas, sehingga mahasiswa dapat menyaksikan secara langsung kondisi pelabuhan tempat berlangsungnya proses perdagangan internasional.

Kunjungan diawali di PT. Jakarta International Container Terminal (JICT). Dalam kesempatan ini, mahasiswa memperoleh pemaparan materi pengenalan singkat mengenai JICT. Dijelaskan bahwa JICT memiliki total cakupan area seluas 100 hektar dan merupakan terminal container terbesar di Indonesia. JICT memiliki volume lebih dari 2,2 juta TEUs (Twenty foot Equivalent Units) per tahun. JICT mengimplementasikan sistem operasi terminal yang canggih dan sistem gerbang otomatis pertama di Pelabuhan Indonesia dan menyediakan layanan yang cepat, efisien dan dapat diandalkan 24 jam sehari, sepanjang tahun. Setelah itu, mahasiswa juga berkesempatan untuk mengelilingi area pelabuhan dengan pendampingan langsung dari guide yang berpengalaman.

Pada hari yang sama, kunjungan dilanjutkan ke Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok, yang merupakan sebuah kantor yang melaksanakan tugas pokok Kementrian Keuangan dalam bidang kepabeanan dan cukai,  serta bertugas untuk mengawasi lalu lintas barang yang keluar dan masuk area pabean.

Kunjungan mahasiswa ke KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok disambut secara hangat dengan penampilan dari Customs Music Club, yang kemudian dilanjutkan dengan rangkaian acara berupa sambutan dan materi. Materi mengenai prosedur ekspor impor dan kepabeanan dikemas secara baik dan menarik bagi mahasiswa. Dalam kunjungan ini, mahasiswa juga berkesempatan untuk melihat langsung barang-barang yang menjadi tegahan ekspor maupun impor di KPU Bea dan Cukai Tanjung Priok.