BIC

Istilah Ekspor & Impor yang Perlu Kamu Ketahui

  1. CIF
    Dapat di kenal juga sebagai Cost, Insurance, and Freight. Istilah ini merupakan kegiatan memberikan harga penawaran mencakup harga barang, biaya kapal, dan juga asuransi.
  2. FCL
    Full Container Loaded dengan kata lain kiriman ini setara dengan kurang lebih 20 MT (metrix tons) dengan menggunakan kontainer 40ft dan hanya 10 MT (metrix tons) jika menggunakan kontainer 20ft.
  3. NOTUL
    Suatu kejadian ketika barang tidak dapat dikeluarkan karena terkena pemulihan, atau perubahan invoice, serta documennya tidak valid dan biasanya terkena sewa gudang di pelabuhan.
  4. CNF
    CNF merupakan singkatan dari Cost and Freight, dimana dengan kata lain bahwa harga barang ditambah dengan ongkos kirim, hal ini tidak termasuk dengan biaya asuransi barang.
  5. OFR
    Ocean Freight Rate atau yang lebih dikenal sebagai OFR adalah tarif dasar ongkos akan pengiriman lewat laut, namun biasanya dihitung per-cmb atau dapat dikatakan kubikasi.
  6. FOB
    FOB atau Free On Board merupakan istilah yang Sering dijumpai. Istilah ini dimana kita memberikan penawaran harga barang hanya sampai keatas kapal, belum termasuk biaya. Dikarenakan pembeli yang menanggung biaya kapalıya.
  7. AFR
    Kepanjangan dari AFR yaitu Air Freight Rate, dimana tarif dasar ongkos pengiriman melalui udara, biaya hal ini di hitung berdasarkan satuan kiloan maupun Pound.
  8. PIB
    Pengisian akan PIB atau Pemberitahuan Impor Barang ini biasanya dilakukan dengan system online atau Electronic Data Interchange. Jika pemeriksaan PIB ini di setujui maka akan muncul SPPB
  9. PEB
    Berbeda dengan PIB, Istilah ini dikenal dengan Pemberitahuan Export Barang. Pengisian akan PEB ini tetap dilakukan dengan system online atau EDI. Jika pemeriksaan PEB disetujui maka akan keluar P.E.