BIC

Sayurbox, Startup Indonesia yang Meningkatkan Kesejahteraan UMKM

Sayurbox merupakan sebuah platform online yang mengusung konsep bisnis farm-to-table  yang menyediakan bahan segar dan produk sehat berkualitas langsung dari petani lokal Indonesia. Sayurbox didirikan oleh Amanda Susanti, Rama Notowidigoto, dan Metha Trisnawati pada bulan Juli tahun 2016. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi konsumen untuk dapat mengakses bahan segar dan produk berkualitas secara langsung dari petani dan lokal. Sayurbox didirikan dengan tujuan untuk memangkas mata rantai yang panjang antara produsen dengan konsumen sehingga mereka dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan produsen lokal. Jadi bukan hanya memudahkan kamu mendapatkan sayur atau buah segar tetapi juga membantu para petani untuk lebih mudah mendapatkan penghasilan. Keren ya! Kamu bisa mengakses sayurbox ini dari aplikasi mobile atau juga website mereka di www.sayurbox.com.

AwanTunai juga turut mendukung industri pertanian Indonesia dengan berkolaborasi dengan Sayurbox. Dalam kerjasamanya, AwanTunai dan Sayurbox mengklaim bahwa dapat memberikan kemudahan akses pembiayaan faktur formal dengan biaya rendah dengan mengembangkan sistem infrastruktur dasar (aplikasi smart phone) serta melakukan aktivitas penjualan dan pemasaran.

Mengingat pertanian merupakan salah satu sektor utama perekonomian Indonesia yang paling banyak menyerap tenaga kerja Indonesia, menurut saya, kolaborasi tersebut merupakan langkah baik untuk membantu menjsejahterakan dan meningkatkan taraf hidup para pelaku UMKM petani di Indonesia karena sebagian besar UMKM petani di Indonesia tidak memiliki akses ke modal kerja yang terjangkau dan kolaborasi AwanTunai dan Sayurbox ini bisa menjadi solusinya.

 

  • Referensi:

    https://infokomputer.grid.id/read/122613951/awantunai-berkolaborasi-dengan-sayurbox-membantu-umkm-petani-indonesia