BIC

Bangga! Inilah Kerajinan Khas Nusantara yang Go Internasional

Indonesia memiliki dan menyimpan sumber kekayaan melimpah sudah tidak diragukan lagi. Kekayaan yang terkandung di dalamnya bukan hanya sumber daya alam, namun juga sumber daya manusianya yang dialiri darah seni yang luar biasa. Hal ini harus kita syukuri dan sebagai masyarakat asli Indonesia sudah sepatutnya berbangga hati. Bagaimana tidak? Berkat tangan para pengrajin inilah Indonesia semakin dikenal dan menghasilkan produk kerajinan asli khas Indonesia yang mampu mencuri hati masyarakat luar negeri.

  1. Kain Batik
    Sumber foto: Indonesia.go.idBerbicara tentang batik, keberadaan kerajinan tradisional khas Indonesia yang satu ini di mata dunia sudah tidak bisa dipungkiri. Motifnya yang unik, perpaduan warna yang menawan, dan ditambah sentuhan ciri khas kebudayaan tiap-tiap daerah di Indonesia menambah nilai produk dan mampu memikat hati masyarakat mancanegara. Tak sedikit pula artis mancanegara yang mengenakan pakaian dengan corak batik dalam acara-acara publik.
  2. Ukiran Kayu
    Sumber foto: CekbagusUkuran kayu merupakan salah satu kerajinan Indonesia yang memiliki kualitas kayu yang unggul karena tumbuh di negara tropis yang didukung oleh letak geografis Indonesia. Ukiran kayu dengan pahatan dan ukirannya yang memberikan keindahan dengan tingkat kerumitan yang terdapat pada bentuk, motif, serta desainnya yang menjadi nilai tambah dan daya tarik tersendiri. Jepara merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal menghasilkan ukiran kayu berupa kaligrafi, patung, dan relief yang berhasil go internasional sampai ke Eropa.
  3. Wayang
    Sumber foto: CNNWayang merupakan salah satu warisan budaya tradisional Indonesia yang kental dengan budaya dan tradisi Jawa. Seiring perkembangan jaman, kerajinan tangan wayang ini sangat terkenal dan banyak diminati dan serta diakui oleh UNESCO. Kekaguman bukan hanya dirasakan oleh masyarakat lokal saja, tetapi juga para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia menjadikan kerajinan wayang sebagai incaran cinderamata yang unik dan artistik.

Nah, itu dia beberapa bentuk kerajinan asli Indonesia yang mendunia dan berhasil menembus pasar internasional. Hal ini membuktikan bahwa hasil karya anak bangsa memiliki nilai yang tinggi sehingga dicintai, digemari baik dari dalam maupun dari luar negeri. Gimana Partner Muda? Semakin bangga bukan menjadi orang Indonesia? Ayo, Partner Muda! Sekarang tugas kita semua untuk terus menjaga dan melestarikan kerajinan tangan asli Indonesia ini.

 

Referensi ini diambil dari

https://www.tokopedia.com/blog/wow-ini-dia-kerajinan-khas-indonesia-yang-menembus-pasar-dunia/

Orlin Baptista Yuleoni