BIC

Peresmian BIC dan IAMBIC Award

Tepat pada tanggal 17 Januari 2017, sebuah organisasi kemahasiswaan baru telah hadir di BINUS University secara resmi. BIC singkatan dari BINUS Business International Club, merupakan sebuah wadah bagi BINUSIAN untuk mengembangkan minat dah kapasitasnya di bidang managerial, entreprenurship, dan International Business.

Acara peresmian organisasi yang bertajuk IAMBIC Award berjalan dengan cukup baik. Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Drs. Andreas Chang, MBA, selaku wakil rector bidang 3 BINUS Unviersity, Dr. Lim Sanny, S.T., M.M., selaku Kepala Jurusan International Business Management, Bapak Yan Andre Peranginangin, S.Psi., M.Psi selaku SADC Manager. Acara juga dihadiri oleh dosen undangan dari jurusan International Business Management, bapak dan ibu pembimbing dari SADC dan SCDC, perwakilan pengur
us dan ketua organisasi kemahasiswaan BINUS University, serta pengurus BIC tahun 2015, 2016, dan 2017.

Acara diawali dengan doa pembuka, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia yakni Indonesia Raya, diikuti dengan menyanyikan Mars BINUS dan Mars BINUSIAN. Acara berjalan dengan hikmat, hingga sampailah kepada kata sambutan oleh Daniel Dzulkarnain selaku perwakilan dari found
er BIC tahun 2015. Daniel banyak bercerita tentang mimpi dan semangat bagaimana teman-teman dari jurusan International Business Managemet angaktan pertama mempunyai semangat untuk membuat jurusan IBM semakin dikenal baik dari akademis dan prestasinya. Mimpi itu terus berlanjut sehingga BIC menjadi organisasi yang terbuka dan dapat melayani seluruh BINUSIAN dan tidak lagi sebatas untuk mahasiswa jurusan IBM. BIC kemudian mempunyai peran untuk dapat mengembangkan apa yang dimiliki anak-anak IBM yang tidak dimiliki oleh anak-anak jurusan lainnya, yaitu ilmu di bidang bisnis dan perdagangan internasional. Daniel berharap BIC dapat berkontribusi untuk menjadi penggerak bagi BINUSIAN untuk berkembang dan menjadi kompetitif di era globalisasi terutama di era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Acara selanjutnya di lanjutkan dengan kata sambutan dari Cindy Orin Serurin selaku ketua BIC 2016, dan dilanjutkan dengan Samuel Kang selaku ketua BIC 2017. Kedua mahasiswa tersebut menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh jajaran yang membantu sehingga BIC dapat berdiri dan kemudian diresmikan setelah hamper dua tahun berjalan dengan jatuh bangun. Tak lupa kedua ketua, baik Cindy maupun Samuel juga menyampaikan harapan mereka di tahun 2017 untuk menjadi lebih baik lagi dan terdepan.

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bapak Idham Sofyan, S.E., M.M. seorang dosen yang telah menemani teman-teman pengurus sejak pertama kali BIC berdiri. Beliau menyampaikan rasa bangganya kepada teman-teman BIC yang telah berjuang keras untuk membuktikan diri layak menjadi organisasi kemahasiswaan.

Kata sambutan bergulir dan kepada Bapak Yan Andre Peranginangin, S.Psi., M.Psi., kemudian berkesempatan untuk menyampaikan selamat dan harapannya kepada BIC selaku Student Advisory and Development Center Manager. Beliau berpesan untuk BIC bisa berprestasi dan membuktikan diri sebagai organisasi kemahasiswaan yang baik.

Acara tersebut dihadiri juga oleh Drs. Andreas Chang, MBA, selaku wakil rector bidang tiga kemahasiswaan dan pengembangan komunitas. Beliau juga memberikan kata sambutan, dan bercerita mengenai harapannya terhadap BIC sebagai organisasi kemahasiswaan yang juga mewakili jurusan International Business Management. Beliau mengharapkan BIC juga bisa fokus terhadap prestasi, riset, dan pengembangan mahasiswa. Beliau juga selalu membeikan penghargaan dan komentar yang positif kepada rekan-rekan BIC sehingga dapat memacu semangat juang dari kepengurusan baru BIC 2017.

Sampailah kepada tahap peresmian BIC 2017, dimana Drs. Andreas Chang, MBA, menandatangani proposal pendirian BINUS Business International Club, dan memotong tumpeng sebagai peresmian simbolis.

Acara kemudian di lanjutkan dengan pemberian pengehargaan atau Award kepada teman-teman kepengurusan BIC 2016 yang berprestasi. Award pertama adalah Award Anggota Teraktif diberikan kepada Samuel. Award Pengurus terbaik diberikan kepada Cindy Orin, Award Inovatif diberikan kepada Clarissa, Award Care diberikan kepada Astrid Suzanna, dan Award Friendly diberikan kepada Natashia Glorya.

Pengurus BIC 2016 selanjutnya juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada dosen pembimbing bapak Idham Sofyan, S.E.,M.M, dan Bapak Jannus Sitindaon, S.E. selaku Student Orgaization Coordinator dari BIC.

Acara kemudian dilengkapi dengan penampilan beatbox dari Daniel Dzulkarnain dan teman-teman dari UKM Bersama Dalam Musik, yang kemudian ditutup dalam doa dan foto bersama.

Selamat kepada BIC atas peresmiannya, selamat berjuang untuk pengurus BIC 2017, dan selamat berkarya!

Samuel