Workshop BGDC x Janji Baik: FUN ON BOARD “Melatih Literasi Digital melalui Pembuatan Games”

Pendidikan literasi digital merupakan pendidikan yang sangat penting bagi pemuda Indonesia yang berinteraksi dengan teknologi dan globalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman yang mendalam tentang literasi digital memberikan kemampuan kepada pemuda untuk memilah, menilai, dan menggunakan informasi secara kritis di dunia digital. Dengan literasi digital yang baik, pemuda dapat lebih cerdas dalam mengenali dan menghindari bahaya online, serta memahami etika berkomunikasi di era digital. Oleh karena itu, pendidikan literasi digital merupakan hal krusial guna membekali pemuda Indonesia dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan di era digital ini.

Janji Baik, yang merupakan Startup di bidang Education Tech & Crowdfunding juga menyadari pentingnya pendidikan literasi digital dan ingin berkontribusi memberikan pendidikan tersebut kepada anak-anak yang mengalami keterbatasan ekonomi. Mengingat bahwa sebagian anak-anak masih tingkat sekolah dasar (SD), Janji Baik mengajak BGDC (Binus Game Development Club) untuk membawakan materi dengan unsur-unsur yang menarik sehingga anak-anak dapat bermain sambil belajar. Sebagai suatu organisasi yang berfokus pada pengembangan gim, BGDC menerima ajakan Janji Baik dan akan mengadakan sebuah acara workshop untuk mengajarkan literasi digital melalui pembuatan gim yang berjudul “BGDC x Janji Baik: Fun On Board”.

Acara ini diadakan pada hari Minggu tanggal 14 Januari 2024 dari jam 12:30 WIB sampai jam 17:00 WIB secara on site di SDN Perigi 02 Tangerang Selatan. Acara ini terbagi menjadi 2 sesi utama yaitu, penjelasan materi dan praktik membuat gim. Untuk mempersiapkan acara tersebut, kami membuat penjelasan materi melalui PowerPoint yang nantinya akan dibawakan oleh tim pengajar dari BGDC. Setelah menjelaskan materi, kami memecah para peserta menjadi beberapa kelompok yang masing-masing disertai oleh 1 pembimbing untuk bekerja sama membuat gim dengan aset-aset yang sudah kami sediakan. Aset-aset tersebut berupa fisik yaitu papan bermain beserta set blok kode jalanan, pion pemain, dan juga blok stop. Adanya aset fisik ini mendukung interaksi antar peserta dan juga pembimbing sehingga dapat saling bertukar pendapat dengan seru.

Berikut adalah PowerPoint dan juga aset-aset yang kami sediakan saat acara.

Agar para peserta menjadi lebih bersemangat lagi, kami juga menyediakan berbagai hadiah untuk kelompok yang dapat membuat gim paling bagus. Tetapi sebelumnya, tiap kelompok perlu mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas sehingga dapat mendapat feedback langsung baik dari panitia maupun peserta lainnya. Kami berharap dengan aktivitas-aktivitas ini, para peserta dapat lebih paham lagi mengenai literasi digital dan juga dapat mengembangkan soft skill mereka melalui pengalaman ini.

Adapun dokumentasi-dokumentasi berupa foto yang diambil saat acara berlangsung.


Foto saat pengajar menjelaskan materi melalui PowerPoint


Foto saat sesi membuat gim


Foto saat presentasi kelompok

Akhir kata, kami dari panitia acara workshop BGDC x Janji Baik: “Fun On Board” mengucapkan terima kasih kepada pihak Janji Baik karena telah memberikan kami kesempatan untuk membagikan ilmu-ilmu baru kepada anak-anak melalui gim yang kami cintai. Tidak kalah pentingnya, kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan juga volunteer yang ikut meramaikan acara ini. Sampai juga di acara BGDC selanjutnya, stay tune!

Referensi:
Webinar BIFEST 2022: Eye-catching Visualization in Game-Making – BINUS Game Development Club
JANJI BAIK (@janjibaik.id) • Instagram photos and videos
Binus Game Development Club (@binusgdc) • Instagram photos and videos
Janji Baik, Tempat Berkesempatan Baik Halaman 1 – Kompasiana.com
Bookle Janji Baikt_c.pdf – Google Drive
Google Docs EO (thank you EO)
PPT Acara (thank you again EO)
Dokum ❤️