Workshop PRESS START 2022: Pentol in Action

Halo teman-teman! Binus Game Development Club (BGDC) belum lama ini baru saja menyelenggarakan acara Workshop PRESS START. PRESS START adalah salah satu event tahunan BGDC berupa workshop mengenai dunia game development. Untuk tahun ini, PRESS START membawakan workshop yang berfokus pada 2D pixel-art dengan judul “Creating Your First Pixel Art Character Animation”. 

Dalam workshop kali ini, BGDC mengundang kak Dio Mahesa sebagai pembawa materi. Kak Dio merupakan seorang Senior Game Artist studio game indie terkenal di Indonesia, Toge Production. Bahkan di dalam Toge Production sendiri, kak Dio menjadi Lead Artist untuk game “Coffee Talk”.

Workshop PRESS START berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 16 s/d 18 Desember 2022. Setiap hari diisi dengan sesi workshop selama 2 jam. Yuk! Mari kita lihat sekilas apa saja yang didapat selama 3 hari tersebut.

Hari pertama workshop diawali perkenalan dengan kak Dio dan dengan pixel art animation. Di sini kita diajarkan mengenai prinsip-prinsip dasar dalam pixel art dan animation. Prinsip-prinsip ini yang nantinya akan coba dipraktikan dalam workshop hari berikutnya.

Pada hari kedua, kak Dio mulai masuk ke dalam praktik dengan mengajarkan step-by-step proses animasi karakter pixel-art. Di hari kedua ini juga kita diperkenalkan dengan “Pentol”, karakter pixel-art simpel yang menjadi karakter yang akan dianimasikan. Di akhir workshop hari kedua, kita telah berhasil menganimasikan Pentol untuk gerakan lari dan memukul.

Di hari terakhir, Pentol mendapatkan upgrade berupa pedang.Kita juga mencoba menganimasikan Pentol untuk gerakan menyerang menggunakan pedang. Kak Dio juga membagi trik untuk mengubah frame-frame dalam aplikasi photoshop-nya menjadi bentuk spritesheet, yang mana akan sangat berguna apabila animasi tersebut akan digunakan dalam pembuatan game menggunakan game engine.

Dalam setiap rangkaian acara workshop ini, panitia juga menyediakan waktu QnA dengan kak Dio. Peserta workshop bebas dalam bertanya dan berkonsultasi dengan kak Dio, mengenai pertanyaan dan kesulitan yang mereka hadapi.

Begitulah sekilas rangkaian kegiatan selama Workshop PRESS START: “Creating Your First Pixel Art Character Animation”. Kami BGDC berharap workshop ini telah menjadi bermanfaat dalam menambah wawasan dan kemampuan para peserta. 

Akhir kata, kami ingin berterima kasih kepada kak Dio, atas kerja sama dan ketersediaannya menjadi pembawa materi dalam workshop kali ini. Terima kasih juga kepada 45 peserta yang telah mendaftarkan diri dan mengikuti dengan penuh seluruh rangkaian acara yang panitia sediakan. Bagi kalian yang belum berkesempatan untuk mengikuti acara Workshop PRESS START, kami tunggu di workshop atau acara lain BGDC yang berikutnya. Sampai jumpa!