Welcoming Party BGDC 2019

Welcoming Party BGDC tahun ini menyambut para calon developer dari member baru BGDC 2023 dengan berbagai acara – acara yang menyenangkan sekaligus mendidik. Acara ini telah berlangsung pada tanggal 8 September yang lalu dari pukul 8:30 sampai dengan pukul 16:00 di Binus Kijang. Ratusan BGDC member datang dari berbagai jurusan untuk bertemu dan berkenalan dengan member lain yang mempunyai hobi yang sama. Sebelum Welcoming Party dimulai, para member dipersilahkan untuk registrasi ulang terlebih dahulu. Jika sudah registrasi, member akan mendapatkan baju BGDC, strap, kupon doorprize, dan stiker kelompok. Sambil menunggu acara dimulai, para member bisa berbincang dengan para panitia.  

Registrasi Ulang BGDC

 

Welcoming Party BGDC dimulai dengan sambutan hangat dari ketua umum BGDC tercinta, yaitu William Andrew. MC melanjutkan dengan memberikan informasi terkait berbagai acara yang bakal dilakukan dan juga berbincang ringan dengan para member baru. Setelah itu barulah acara inti Welcoming Party dimulai.  

Sambutan Ketua Umum BGDC

 

Berbagai kegiatan yang sudah dipersiapkan berfokus untuk mengembangkan creative thinking, knowledge (khususnya tentang game), dan yang terpenting teamwork dari para member baru.

Acara yang pertama yaitu Pitching Game Idea. Member BGDC dikelompokkan kedalam 4 kelompok besar lalu dibagi lagi menjadi kelompok – kelompok kecil yang berjumlah 6 – 10 orang. Tujuannya adalah berdiskusi tentang game idea yang temanya ditentukan dalam waktu yang singkat. Kegiatan ini diciptakan untuk mengembangkan teamwork dan creative thinking para member BGDC. Setelah berdiskusi singkat, masing – masing perwakilan dari kelompoknya mempresentasikan game ideanya. Game idea kelompok yang dinilai menarik dipanggil maju dan diberikan hadiah. Akhirnya setelah Pitching Game Idea selesai, dilanjutkan dengan makan siang sambil ngobrol bareng dengan panitia WP.

Pitching Game Idea

 

Setelah perut kenyang dan energi terisi kembali, adalah acara yang paling ditunggu – tunggu yaitu bermain game – game yang telah disiapkan panitia dan dijamin seru dan asik. Pertama, dilakukan pembagian kelompok sesuai dengan sticker kelompok yang telah diberikan saat registrasi. Para pendamping melanjutkan dengan mengarahkan kelompoknya masing – masing ke area game. Game dimulai. Setiap kelompok dipastikan dapat memainkan semua 8 game yang telah dirancang oleh panitia sehingga tidak ada keseruan yang terlewatkan. 8 game tersebut adalah Wayang Artistik, Tebak Lagu, Tebak Item, Hot Potato, Estafet Gambar, Rangkai Kata, Tic Tac Toe Run, dan Balls. Setiap game terdapat 2 kelompok yang saling berlawanan. Game favorit penulis ada 2 yaitu Wayang Artistik dan Tic Tac Toe Run. Ya, kamu tidak salah baca, Tic Tac Toe. Yang unik dari game Tic Tac Toe yang biasanya adalah Tic Tac Toe Run dimainkan di lapangan dan giliran memasukkan simbol ditentukan dengan lomba lari. Walaupun gamenya simpel, jika ditambahkan peraturan baru akan terasa jauh lebih menarik. Banyak kejadian – kejadian seru yang membuat peserta dan panitia berpikir “seru parah gamenya”.

Tic Tac Toe Run

 

Wayang Artistik juga tidak kalah seru. Wayang Artistik dimainkan dengan cara memilih salah satu anggota kelompok sebagai penebak dan pemeraga pose karakter game yang diberikan oleh panitia dengan mata ditutup. Sedangkan, anggota yang lain membimbing penebak agar menyesuaikan pose dengan pose karakter game yang ditampilkan. Yang membuat seru game ini adalah ketika karakter favorit kita ditampilkan dan kita berusaha untuk memberi petunjuk terhadap karakter tesrsebut seakan kita merasa dekat dengan karakter tersebut. Akhirnya setelah waktu bermain habis, para member BGDC dikumpulkan kembali dan diumumkan kelompok yang telah menjadi Epic Gamers (menjadi juara). Tidak lupa dengan pengumuman doorprize yang hadiahnya berupa Steam Wallet atau Minecraft Java Edition. Setelah selesai, semua peserta dan panitia berfoto bersama.

Thank you bagi member yang sudah hadir dan seneng – seneng bareng. See you next time on Game Dev Session 🙂