Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 2024

“BDM’s Harmonic Journey”

Di zaman era global, musik tidak hanya dijadikan sekedar hiburan, tetapi juga dapat didefinisikan sebagai cara untuk mengekspresikan diri dan mengasah kreativitas. Lewat Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan oleh UKM BDM  2024 dengan tema “BDM’s Harmonic Journey”, kita jadi memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi bakat musik dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan ini menginspirasi kita untuk lebih percaya diri dalam mengembangkan bakat musik dan membagikannya kepada orang lain serta untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat terhadap musik ansambel dan musik klasik.

Kegiatan PKM yang dijalankan oleh BDM terlaksana di Panti Asuhan Pintu Elok daerah Tangerang Selatan. PKM dimulai di tanggal Rabu, 5 Juni 2024 – Jumat, 7 Juni 2024 – Rabu, 12 Juni 2024 – Jumat, 14 Juni 2024  dan  Selasa, 18 Juni 2024  ( 5 kali pertemuan). Pertemuan pertama kami awali dengan melakukan Perkenalan angota dan pengajar BDM, lalu sebelum masuk ke materi kami melakukan sesi Ice Breaking agar adik-adik Panti Asuhan Pintu Elok mau berbaur dengan BDM, dan terakhir masuk ke pengenalan materi yaitu belajar instrument Keyboard, Guitar, dan Drum. Pada pertemuan kedua, yang diadakan pada Jumat, 7 Juni 2024, kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman materi belajar instrument dengan tema “Tangga Nada”. Adik-adik Panti Asuhan Pintu Elok dibagi ke dalam kelompok kecil sesuai dengan instrumen yang diminati: keyboard, gitar, atau drum. Dalam sesi ini, pengajar BDM memberikan latihan dasar teori serta latihan praktek menguasai instrumen pilihan mereka.

Pertemuan ketiga yang bertemakan “Chord Dasar”, berlangsung pada Rabu, 12 Juni 2024, difokuskan pada latihan Chord. Adik-adik Panti Asuhan Pintu Elok diajak untuk main chord dalam satu group sesuai minat. Lalu Pada pertemuan keempat di hari Jumat, 14 Juni 2024, Adik-adik Panti Asuhan Pintu Elok belajar “Beat/ketukan”. Dan Pertemuan terakhir pada Selasa, 18 Juni 2024, diisi dengan sesi penampilan akhir dan refleksi serta evaluasi dari pengajar BDM terhadap Adik-adik Panti Asuhan Pintu Elok. Adik-adik menunjukkan perkembangan mereka selama lima kali pertemuan. Kegiatan diakhiri dengan refleksi Bersama dan acara ditutup dengan pemberian Plakat dan penghargaan bagi peserta yang menunjukkan dedikasi serta kerjasama yang kooperatif dalam belajar music selama kegiatan PKM berlangsung.

Melalui rangkaian kegiatan PKM ini, diharapkan Adik-adik Panti Asuhan Pintu Elok tidak hanya memperoleh keterampilan musik dan pengalaman yang baru, tetapi juga dapat lebih mengapresiasi musik.

#SalamBDM

 

 

Ardelianur Maria