Hal-Hal Unik di Balik Konser Musik Now Playing Festival 2022

Hal-Hal Unik di Balik Konser Musik Now Playing Festival 2022

Atmosfer dari konser musik yang diadakan secara offline, menjadi sebuah kerinduan bagi seluruh pecinta musik di Indonesia. Setelah lebih dari dua tahun pemerintah Indonesia melarang penyelenggaraan konser musik, akhirnya konser musik secara perlahan mulai kembali diperbolehkan untuk diselenggarakan. Salah satu konser musik yang kembali diadakan setelah pandemi adalah Now Playing Festival. Festival musik tersebut diselenggarakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 10, 11, dan 12 Juni 2022, yang berlokasi di Kota Cimahi, Jawa Barat.

Now Playing Festival, menjadi salah satu gelaran festival musik terbesar setelah pandemi, tidak hanya terbesar di Jawa Barat, tetapi juga seluruh Indonesia. Jenny Stefanny, selaku Project Manager dari Now Playing Festival, menyebutkan bahwa festival musik ini memang menjadi sebuah acara yang sangat besar, karena menampilkan 33 musisi terbaik dari beragam genre di Indonesia yang penyelenggaraannya terbagi menjadi 3 hari (InfoBDG, 2022). Beberapa musisi yang mungkin tidak asing ditelinga orang-orang Indonesia, di antaranya Dewa 19, Raisa, Noah, BCL, Tulus, Yura Yunita, dan masih banyak lagi musisi yang akan ikut meramaikan festival musik ini.

Penyelenggaraan konser musik Now Playing Festival ini menyimpan berbagai hal-hal unik yang membuatnya menjadi berbeda dengan beberapa festival musik sebelumnya. Now Playing Festival ini tidak hanya menyuguhkan pertunjukkan musik, tetapi ada juga beberapa kegiatan menarik yang dapat dicoba oleh para pengunjung, seperti berbagai spot foto yang unik, face painting, pembacaan kartu tarot, dan masih banyak sekali games yang bisa dimainkan oleh pengunjung. Selain itu, hal unik lainnya dari festival musik ini adalah kedatangan dari Raden Rara Istiati Wulandari, atau yang lebih dikenal sebagai Mba Rara yang sempat viral karena menjadi pawang hujan yang efektif mampu menghentikan hujan pada acara-acara besar. Beberapa orang bahkan meyakini bahwa dengan kedatangan Mba Rara mampu membuat festival musik yang diselenggarakan selama 3 hari ini bebas dari hujan.

Pada hari pertama, Mba Rara mampu membuktikan kualitasnya sebagai pawang hujan, yang pada akhirnya membuat konser Now Playing Festival di hari pertama dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan hujan. Namun, kualitas tersebut tidak berhasil dipertahankan Mba Rara pada hari yang kedua dan ketiga. Hujan yang sangat deras mengguyur Lapangan Manunggal Brigif 15/Kujang II yang menjadi venue dari Now Playing Festival. Kondisi lapangan yang merupakan tanah merah, membuatnya menjadi tergenang oleh air hujan. Walaupun sudah menggunakan terpal untuk mencegah genangan air tersebut, genangan air tersebut tetap tidak dapat dihindari. Banyak penonton yang menyampaikan rasa ketidaknyamanannya, karena venue menjadi sangat kotor akibat hujan.

Walaupun diguyur oleh hujan yang sangat deras, konser musik Now Playing Festival ini tetap menjadi salah satu gelaran konser yang mendapat antusias dan tanggapan yang positif dari masyarakat. Now Playing Festival berhasil mengobati rasa rindu dari para pecinta musik di Indonesia untuk bisa menonton konser secara langsung. 

Referensi

Kusumah, A. (2022, July 14). Usai Pandemi, Now Playing Festival Jadi Konser Musik Terbesar Tahun 2022 di Bandung Raya. InfoBDG. https://www.infobdg.com/v2/usai-pandemi-now-playing-festival-jadi-konser-musik-terbesar-tahun-2022-di-bandung-raya/

Herawati, N. (2022, June 13). Konser Now Playing Festival 2022 yang ‘Dijaga’ Mbak Rara Tetap Hujan, Penonton Tak Sangka. Seputar Tangsel. https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-144723266/konser-now-playing-festival-2022-yang-dijaga-mbak-rara-tetap-hujan-penonton-tak-sangka

#SalamBDM

Kalvin Jonathan Ginting