Mengenal Angklung, Alat Musik Indonesia yang Mendunia

Mengenal Angklung, Alat Musik Indonesia yang Mendunia

Alat musik tradisional adalah salah satu warisan budaya yang ada di Indonesia dan tersebar di berbagai provinsi. Alat musik tradisional ini tumbuh karena pengaruh adat istiadat, kepercayaan dan agama, sehingga musik daerah memiliki ciri khas masing-masing. Kita sebagai Warga Negara Indonesia harus bangga dengan alat musik tradisional Indonesia yang mendunia. Salah satu alat musik Indonesia yang diakui oleh dunia adalah angklung.

Angklung adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Sunda, Jawa Barat dan terbuat dari potongan bambu. Angklung awalnya bernada pentatonis (hanya bisa memainkan lima nada) sehingga hanya bisa digunakan untuk memainkan alunan musik Sunda dan Jawa, namun Daeng Soetigna menciptkan angklung bertangga nada diatonis dengan tujuh nada yang membuat angklung dapat dimainkan untuk mengiringi lagu apapun. Alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan ini telah mendapatkan pengakuan resmi dari Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) sebagai bagian dari warisan budaya tak benda atau The Intangible Culture Herritage. Pengakuan dari UNESCO ini sudah sejak 16 November 2010 lalu, membuat angklung menjadi identitas budaya bangsa Indonesia yang sangat penting.

          Dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat melihat bahwa alat musik tradisional tidak kalah hebat dengan alat musik modern zaman sekarang. Sebagai contoh angklung sendiri mampu menunjukkan eksistensinya di dunia dan banyak orang dari seluruh penjuru dunia menikmati dan ingin belajar memainkan alat musik tradisional Indonesia ini. Oleh karena itu, melestarikan budaya tradisional Indonesia merupakan keharusan seluruh Warga Negara Indonesia. Pelestarian tersebut dapat dilakukan dengan melihat workshop-workshop budaya tradisional, melihat pertunjukan budaya tradisional yang ditampilkan di beberapa daerah dan bahkan berlatih memainkannya.

 

Referensi :