Pentingnya Musik Tradisional Nusantara

Pentingnya Musik Tradisional Nusantara

Musik merupakan salah satu aspek seni yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari hari. Salah satu jenis musik yang amat penting untuk dilestarikan yakni musik tradisional Nusantara. Musik Nusantara ini merupakan jenis musik yang berasal dari semua daerah kepulauan yang merupakan tradisi masyarakat dan diturunkan secara turun temurun hingga sekarang. Musik Nusantara tersebar di seluruh pulau di Indonesia dan setiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda.

Musik tradisional Nusantara ini dijadikan sebagai bagian dari kebudayaan yang sifatnya diwariskan turun temurun, dimana proses pewarisan ini umumnya dilakukan secara lisan tanpa adanya partitur notasi. Tentunya terdapat perbedaan antara musik tradisional Nusantara dengan jenis musik lainnya. Ciri-ciri musik tradisional ini sendiri adalah:

Pemainnya tidak terspesialisasi, karena umumnya proses belajar alat musik daerah bersifat generalisasi sehingga pemain musik tradisional dapat memainkan setiap instrumen yang ada dalam suatu jenis musik daerah. Syair lagu yang digunakan menggunakan bahasa daerah, termasuk alunan irama dan melodi yang sangat khas karena menonjolkan ciri dari daerah asalnya.

Dari ciri-ciri musik tradisional yang telah disebutkan, tentunya masyarakat perlu mengetahui apa fungsi dari musik tradisional Nusantara ini. Musik tradisional ini tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan, tetapi juga menjadi sarana upacara budaya, seperti upacara kematian, perkawinan, kelahiran, serta upacara keagamaan dan kenegaraan. Musik tradisional juga dijadikan sebagai sarana komunikasi. Di beberapa tempat, terdapat penggunaan bunyi dengan pola ritme tertentu yang menjadi tanda bagi para anggota masyarakat atas suatu kegiatan atau peristiwa. Dengan ini, tentunya warisan turun temurun tersebut wajib dilestarikan mengingat bahwa musik tradisional Nusantara ini merupakan salah satu bagian dari gambaran budaya masyarakat.

Referensi:

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/mengenal-sejarah-fungsi-dan-ciri-ciri-musik-tradisional-nusantara/
https://www.onoini.com/musik-nusantara/
https://www.dosenpendidikan.co.id/musik-tradisional/usantara