Indahnya Alat Musik Nusantara

Indahnya Alat Musik Nusantara

Alat musik merupakan suatu alat yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Alat musik ini biasanya dipadukan dengan alat musik lain agar dapat menghasilkan musik yang indah dan mengandung keharmonisan. Tentunya, jenis daripada alat musik ini bermacam-macam, mulai dari alat musik tradisional, hingga yang sekarang paling banyak dikenal dan dimainkan, yaitu alat musik modern.

Seiring berkembangnya teknologi, termasuk pada dunia musik, penggunaan alat musik tradisional semakin tersingkirikan. Hal ini juga terjadi di Indonesia yang memiliki beraneka ragam alat musik tradisional yang mulai ditinggalkan. Padahal ada beberapa alat musik tradisional Indonesia yang justru diminati di luar negeri. Tidak sedikit warga mancanegara yang justru tertarik untuk mempelajari nilai budaya dan alat musik tradisional Indonesia.

Salah satu alat musik tradisional Indonesia yang banyak diminati oleh turis luar adalah Angklung. Alat musik yang berasal dari Jawa Barat ini terbuat dari bilah-bilah bambu yang disusun sedemikian rupa, sehingga ketika digetarkan atau digoyangkan menghasilkan  bunyi yang begitu merdu dan khas. Agar bisa menghasilkan nada yang harmonis, angklung harus dimainkan banyak orang. Karena keunikan dan keindahan suaranya, banyak turis ingin mencoba mempelajari alat musik tradisional ini. Sampai-sampai UNESCO sendiri mengakui angklung sebagai Warisan Budaya Dunia dalam daftar Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity. Di 2011, angklung kembali mencetak prestasi di kancah internasional. Guiness Book of World Record telah mencatat rekor dunia dari keharmonisan alat musik angklung.

Sebagai warga negara Indonesia, kita harusnya bangga mempunyai alat musik tradisional yang sangat beragam. Tidak hanya angklung, masih banyak juga alat musik tradisional Indonesia yang diminati oleh turis luar. Oleh karena itu, kita harus melestarikan alat musik tradisional Indonesia dan tidak meninggalkannya agar alat musik tersebut tidak punah dan dapat dikenal dari generasi ke generasi. Meskipun banyak alat musik modern yang tentunya lebih diminati, keharmonisan dari alat musik tradisional Indonesia sendiri tidak kalah indah dengan alat musik modern. Dengan kita mempelajari jenis-jenis alat musik tradisional sekaligus cara memainkannya, kita dapat mengembangkan pengetahuan terhadap budaya Indonesia serta mempertahankan keutuhan dari alat musik tradisional tersebut. Mari kita lestarikan alat musik Nusantara tercinta!

Sumber:

https://www.haibunda.com/parenting/20210301211712-61-195696/5-alat-musik-tradisional-indonesia-yang-mendunia-si-kecil-sudah-tahu-belum

https://indonesia.go.id/ragam/seni/kebudayaan/alat-musik-indonesia-yang-mendunia