Crescendo: Make Indonesia Music Out Loud! Minggu Pertama dan Kedua

Sumber: Dokumentasi BDM

Halo BDMers!! Pada kesempatan ini kami ingin bercerita tentang salah satu event di Kemanggisan, yaitu Crescendo.

Apa itu Crescendo? Crescendo merupakan kegiatan sosial untuk memberikan pengetahuan bermain musik kepada anak-anak yang kurang mampu, dan membuat musik menjadi salah satu bagian dari diri mereka. Kegiatan ini diselenggarakan di Rusun Flamboyan, Cengkareng Barat, Jakarta Barat, dimana kami mengajarkan anak-anak untuk dapat bermain biola dan gitar dengan baik. Kegiatan ini didukung oleh Teach For Indonesia (TFI), Sahabat Anak dan Global Peace Foundation. Kami juga menjalin kerja sama dengan Inspirator Freak, Narema.ID News & Information, Info Beasiswa dan Info Event Gigs, yang berperan sebagai Media Partner.

Crescendo diadakan selama 4 minggu dari 7 Mei 2017 sampai 11 Juni 2017, dan sampai sekarang sudah memasuki minggu ke-dua. Pada hari pertama kami mengajar, sudah pasti kami melakukan perkenalan terlebih dahulu dan memberi materi tentang teori musik agar anak-anak dapat memahami terlebih dahulu mengenai pemahaman dasar tentang musik dan cara membaca partitur musik dengan baik. Kami membentuk kelompok-kelompok yang terdiri dari kelompok biola dan kelompok gitar agar anak-anak dapat lebih dekat dengan kakak pembimbing sehingga tidak membuat mereka canggung dan semakin aktif pada saat pemberian materi. Kelompok dibagikan sesusai keinginan sang anak untuk mau belajar alat musik biola atau gitar.

Di minggu kedua kami langsung membentuk kelompok dan langsung mengajarkan mereka dengan menggunakan alat musik. Kami mengajarkan cara untuk memegang tongkat biola, teknik dasar menggesek senar biola, dan kunci-kunci dasar pada biola dan gitar. Anak-anak yang kami bimbing sangat antusias dalam belajar, hal tersebut membuat kami sangat bersemangat untuk kembali mengajar di minggu-minggu berikutnya. Canda tawa dan rasa ingin tahu mereka membuat kami lupa akan segala lelah. Kami berharap kegiatan social ini mampu meningkatkan motivasi anak-anak Indonesia dalam hal bermusik sehingga Indonesia dapat memiliki banyak pemusik yang handal digenerasi berikutnya #salamBDM

Derian Tanzil