Alat Musik Petik Tradisional

Alat Musik Petik Tradisional

Indonesia merupakan bangsa yang memiliki banyak keberagaman termasuk dalam bidang musik. Hal ini dapat kita lihat bahwa setiap daerah memiliki lagu daerah mereka dan juga alat musik tradisional yang mereka gunnakan. Alat musik tradisional dalam sejarah memiliki beberapa tujuan baik dari sarana keagamaan, komunikasi, upacara budaya dan ritual dan hiburan.

Alat musik tradisional sendiri dapat dibagi menjadi beberapa kategori salah satunya adalah alat musik petik. Alat musik petik dimanikan dengan cara dipetik sehingga menghasilkan nada yang indah. Berikut contoh alat musik petik tradisional yang masih bis akita jumpai adalah:

  • Hasapi

Hasapi merupakan alat musik yang berasal dari Sumatera Utara lebih tepatnya di Tapanuli. Alat musik ini memiliki bentuk seperti botol yang berbahan kayu dan memiliki dua senar. Bahan dasar dari hasapi adalah kayu johar yang tumbuh disekitar Danau Toba. Hasapi digunakan saat upacara adat sebgai musik pengiring karena itu hasapi dianggap sebagai benda sacral.

  • Sasando

Sasando juga merupakan alat musik petik tradisional yang berasal dari Pulau Rote, NTT. Sasando berasal dari bamboo dan berbentuk tabung Panjang dengann lengkungnan di bagian sisinya. Bagian lengkungan ini digunnakan untuk menjadi lubang resonasi. Sasando sendiri merupakan alat musik yang sudah terkenal di mancanegara.

  • Jentreng

Jentreng atau Tarawangsa adalah alat musik petik dari Jawa Barat. Alat musik petik yang mirip dengan kecapi tetapi lebih kecil dan juga memiliki tujuh senar. Jentreng ini digunakan untuk iringan musik pernikahan, sunatan atau panen padi.

  • Kecapi Jawa Barat

Kecapi Jawa Barat merupakan salah satu alat musik tradisional yang cukup terkkenal. Keapi ini terbuat dari babu dan memiliki 18 sampai 20 senar. Kecapi ini digunakan utuk penggiring lagu sunda atau pupuh. Kecapi ini juga sering dimainkan dnegan alat musik suling dan gamelan.

  • Siter

Siter merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Tengah. Siter merupakan alat musik petik yang memiliki beberapa jenis seperti siter penerus. Alat musik ini sering digunakan untuk upacara adat dan pagelaran seni.

  • Celempung

Celempung merupakan alat musik petik dari Jawa Barat. Celempung ini memiliki beberapa fungsiseperti instrument pelengkap di gamelan. Celempung ini merupakan alat musik yang unik karena senar nada prelog akan menggunakan nada slendro

  • Saung Gauk

Alat musik ini berasal dari Kalimantan Selatan. Brntuk dari alat musik ini melengkung [ada sisi leher dan memiliki hiasan yang khas. Saung gauk juga dikategorikan sebagao alat musik harpa tradisional yang sangat kuno di benua Asia.

  • Knobes Khabates

Khone Khabetas adalah alat musik dari NTT yang sulit untuk dimainkan. Alat musik ini merupakan alat musik petik tetapi harus dimainkandengan cara dipetik dan sekaligus ditiup. Bentuknya mirip dengann busur panah. Menurut masyarakat Dawan Knobe Khabates sudah digunakan daari saat nenek moyang mereka meniggali gua. Biasanya alat musik iini digunakan saat mereka pergi berkebun aay mengembala ternak mereka. Walaupun begitu alat musik ini juga dimainkan untuk upacara menyongsong bayi.

 

Referensi :

  • https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20210618073551-246-656012/7-alat-musik-petik-tradisional-indonesia
  • https://saintif.com/alat-musik-petik/