Teknik dan Strategi Bola Basket

Permainan bola basket adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri atas 5 pemain. Dalam permainan, salah satu hal yang penting dalam meraih kemenangan dalam setiap pertandingan adalah point. Karena permainan bola basket merupakan permainan yang menggunakan jumlah skor sebagai penentu hasil akhir.

  • Penyerangan Bebas (Off The Ball): Penyerangan bebas adalah penyerangan tanpa bola yang sangat bergantung dari penguasaan teknik, taktik dan kesempurnaan fisik setiap anggota tim yang baik. Meskipun bebas, namun penyerangan ini harus tetap ada koordinasi dan kerjasama antar pemain, sehingga terwujud adanya saling pengertian tiap pemain.
  • Penyerangan Kilat (Fastbreak): Dasar penyerangan kilat adalah dengan 2 atau 3 operan harus sudah melakukan tembakan sebagai usaha memperoleh posisi tembakan, pada saat lawan belum sempat menempati posisinya serta senjata yang sangat baik untuk menghancurkan pertahanan lawan. Fastbreak tidak memberikan sedikit pun celah bagi musuh untuk mengantisipasi.
  • Penyerangan Berpola (Pattern): Penyerangan berpola adalah penyerangan dengan mengatur setiap pemain yang mempunyai tugas-tugas tertentu dan menguasai jalur-jalur gerakan. Pergerakan pemain dan bola ditentukan dengan pasti, sehingga tim memperoleh serangan-serangan yang teratur dan sangat menghemat tenaga. Penyerangan berpola sangat baik dilakukan bila setiap pemain sukar menembus penjagaan lawan, serta usaha-usaha untuk memperlambat permainan.
  • Pertahanan Daerah (Zone Deffense): Pada pertahanan daerah, setiap pemain diberi tugas menjaga daerah tertentu. Bila tim mempunyai pemain-pemain yang tinggi besar tapi lamban gerakannya maka pertahanan daerah sangat menguntungkan bagi tim tersebut. Mengingat susunannya, maka pertahanan daerah disebut pertahanan daerah 2-1-2, 2-3, 3-2, 1-2-2, dan 2-2-1. Tujuan utama dari zone defense adalah memberikan tekanan pada area ball-side (setengah ring) dari half-court (setengah lapangan) dengan tujuan untuk mengganggu shooting dan memberikan pertolongan ketika seorang pemain offensive melakukan penetrasi dengan atau tanpa bola. Selain itu zone defense juga mencegah penetrasi sehingga memaksa tim offensive untuk hanya memainkan bola di daerah sekitar perimeter, atau jauh dari ring basket.
  • Pertahanan Satu Lawan Satu (Man to Man): Pertahanan yang menugaskan setiap orang untuk menjaga seorang lawan.
Sayyidah Fathimah Az-Zahra