Mengingat Kembali Performa Brandon Jawato di IBL

Melihat komposisi pemain pada TC Timnas Indonesia terdapat beberapa nama yang bakal jadi sorotan,diantaranya Marques Bolden & Brandon Jawato.Lantaran keduanya adalah pemain yang bakal jadi andalan timnas.Tetapi menurut 2 pemain tadi,Jawato yang pernah tampil pada IBL. Setidaknya 2 musim kompetisi.

Jawato bermain pada IBL pertama kali dalam tahun 2016.Saat itu beliau bermain buat tim Pelita Jaya.Meski beliau bermain bagus, akan tetapi dalam akhir musim beliau mengalami cedera pinggang. Cedera itu membuatnya tidak mampu tampil maksimal membela Pelita Jaya.Tetapi selesainya menerima perawatan,Jawato pulang ke Indonesia.Bukan bermain pada IBL, melainkan pada ABL bersama CLS Knights Indonesia.

PP Perbasi sendiri berjuang demi status Jawato pada kompetisi internasional FIBA.Akhirnya keluar keputusan bahwa Jawato merupakan pemain lokal.Sehingga beliau mampu ikut turnamen kapan saja.Lantaran itu di tahun 2020,ketika timnas melakukan persiapan menuju FIBA Asia Cup, Jawato masuk pemusatan latihan. Kala itu terciptalah Indonesia Patriots.Tim yang berisi pemain timnas tetapi ikut musim reguler IBL.

Pada musim 2020, Jawato bermain 13 game di IBL selama rata-rata 25,8 menit per game.Dari kesempatan tadi, beliau berkontribusi 16,7 PPG, 6,5 RPG, & 1,8 APG. Tak hanya itu, Jawato jua berhasil memperoleh rata-rata 1,4 steal per game. Jawato dikenal menjadi pemain yang eksplosif.

Di timnas sendiri, sepanjang perjalanan FIBA World Cup Qualifiers 2023,Jawato tampil 4 game menggunakan catatan 14,8 PPG, 6,lima RPG, & 1,3 APG. Dengan catatan ini, tentu timnas berharap Jawato bisa tampil seperti sebelumnya pada IBL 2020, ketika membela Indonesia pada SEA Games 2022 Vietnam.

 

link : https://iblindonesia.com/news/mengingat-kembali-performa-brandon-jawato-di-ibl

Source Gambar : https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fsport.tempo.co%2Fread%2F1406294%2Ffiba-tetapkan-brandon-jawato-sebagai-pebasket-indonesia-berstatus-pemain-lokal&psig=AOvVaw0qvG-l2GStbnAlD-bt2DEv&ust=1651472817566000&source=images&cd=vfe&ved=0CAwQjRxqFwoTCODM-ebVvfcCFQAAAAAdAAAAABAJ