Kepentingan Belajar Renang di Usia Muda

Berenang merupakan salah satu skill yang sangat berguna jika dimiliki. Tetapi, masih banyak remaja bahkan orang dewasa yang tidak bisa berenang. Tiap orang harus menyadari bahwa sangat bermanfaat bagi mereka jika mereka belajar untuk berenang dari usia muda. Oleh karena itu, Orang tua harus aktif dalam meyakinkan anaknya manfaat-manfaat dari berenang sehingga mereka tertarik. Seperti berikut:
1.Melatih otot
Setiap gaya dalam renang melibatkan berbagai kelompok otot berbeda.

2.Kepercayaan diri

Kemampuan berenang akan membuat mereka percaya diri saat berada dekat dengan air. Hal ini juga akan membuka kesempatan bagi mereka saat dewasa mencoba berbagai permainan/olahraga air tanpa rasa takut.

3.Keselamatan
Tenggelam merupakan penyebab utama nomor dua kecelakaan yang mengakibatkan kematian pada anak-anak usia 1 hingga 14 tahun. Ini menunjukkan bahwa kemampuan berenang adalah hal yang krusial bagi anak-anak.

4.Mendapat teman baru
Pada pelajaran renang, anak-anak belajar untuk berhubungan satu sama lain dan bahkan mungkin mengembangkan persahabatan pertama mereka. Mereka juga akan belajar tentang cara memperlakukan teman-teman mereka di dalam air dan berinteraksi dengan aman sambil bersenang-senang.

5.Membantu kemampuan akademik
Pelajaran renang yang regular dapatmembantu pengembangan keterampilan motorik, koordinasi, serta otak kiri dan kanan. Karena berenang adalah aktivitas ambidextrous, hal ini dianggap dapat meningkatkan perkembangan bahasa dan membantu anak-anak belajar membaca dan menulis.

6.Meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru
Ketika berenang, anak dilatih untuk mengatur pernapasan mereka saat berada di dalam. Apabila dilakukan secara rutin, hal ini dapat meningkatkan kekuatan jantung serta paru-paru.

Sumber
HamptonSwimSchool. (2017, August 8). The Life-Long Benefits of Childhood Swimming: 7 Reasons to Learn to Swim Early in Life. Hampton Swim School. https://www.hamptonswimschool.com.au/the-life-long-benefits-of-childhood-swimming.

Learn more