Apakah Boleh Berenang Ditengah Pandemi Covid-19?

berenang ditengah pandemi

Berenang menjadi salah satu kegiatan relaksasi dan rekreasi ditengah padatnya aktivitas. Namun, apakah aman jika kita berenang di kolam renang umum saat pandemi covid-19?

 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), belum ada laporan dan penelitian yang membuktikan bahwa air kolam renang dapat menjadi media penyebaran COVID-19.

Hal ini karena adanya zat disinfektan pada air kolam, seperti klorin dan bromin, dapat membunuh berbagai jenis mikroorganisme, seperti bakteri dan virus. Inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa penularan Covid melalui air kolam renang sangat kecil dibandingkan lewat udara.

Berenang saat pandemi COVID-19 memang diperbolehkan dan tergolong aman. Namun, risiko penularan virus Corona tetap ada, terutama jika kamu berenang di kolam renang umum atau pantai yang ramai. Saat berada di kerumunan, tentu kamu akan lebih sulit untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Tips Berenang yang Aman di Masa Pandemi COVID-19

Agar dapat berenang dengan aman di masa pandemi COVID-19, pengunjung kolam renang umum harus menaati protokol kesehatan berikut ini:

  • Hindari berenang di kolam renang umum yang ramai.
  • Sebisa mungkin terapkan physical distancing dengan orang lain.
  • Gunakan masker ketika tidak berada di dalam kolam.
  • Hindari berbagi penggunaan barang pribadi dengan orang lain, seperti kacamata renang, handuk, kickboard, peralatan mandi, atau penutup hidung.
  • Semprotkan disinfektan pada perlengkapan renang yang digunakan setelah selesai berenang, kemudian langsung mandi dan berganti pakaian dengan baju yang bersih.

Kesimpulannya, air kolam renang yang mengandung klorin tidak bisa menjadi perantara penyebaran virus Corona, melainkan keramaian di kolam renang umumlah yang meningkatkan risiko penularan COVID-19.

Jadi, jika ingin berenang di kolam renang umum, tempat rekreasi air, atau pantai, pastikan kamu menerapkan tips di atas agar aman.

 

Adrian, k. (2021). Berenang Saat Pandemi COVID-19, Amankah?. Retrieved 9 September 2021, from https://www.alodokter.com/berenang-saat-pandemi-covid-19-amankah