PILMAPRES 2023

Acara Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Tingkat Universitas 2023 Bina Nusantara telah berhasil diadakan dengan lancar di Di Auditorium BINUS University @Kemanggisan, Kampus Anggrek Lt.4. Acara PILMAPRES sendiri merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, sebuah lembaga dibawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) Republik Indonesia yang berfokus untuk mengapresiasi prestasi-prestasi yang dicapai oleh anak-anak Indonesia.

Pada PILMAPRES tahun ini, ada 7 kandidat mahasiswa berprestasi yang masing-masing mewakili fakultas mereka  untuk menghadiri acara ini, yaitu :

  • Edward Hartanto Enrico Abadi, mewakili School of Information System jurusan Business Information Technology dari BINUS UNIVERSITY @Bekasi
  • Annisa Saptayulia Belvanugraha, mewakili Faculty of Engineering jurusan Food Technology dari BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera
  • Delviana Pramata, mewakili Faculty of Humanities jurusan International Relations dari BINUS UNIVERSITY @Kemanggisan
  • Jessica Christabel Gan, mewakili School of Design jurusan Film dari BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera
  • Maevy Marvella, mewakili School of Computer Science jurusan Mobile Application and Technology dari BINUS UNIVERSITY @Kemanggisan
  • Olivia Valentina, mewakili Faculty of Digital Communication Hotel and Tourism jurusan Marketing Communication dari BINUS UNIVERSITY @Kemanggisan
  • Thalea Christy Nathaniela, mewakili fakultas BINUS Business School dengan jurusan Entrepreneurship, mewakili Business Creation dari BINUS UNIVERSITY @Malang

Acara ini dibuka dengan sambutan hangat dari Bapak Johan, S.Kom., MM. selaku Wakil Rektor dari Student Affairs and Community Development, yang juga merupakan salah satu juri yang nantinya akan memberikan penilaian pada presentasi para kandidat.

Setelah pembukaan selesai dilakukan, acara PILMAPRES 2023 pun secara resmi dimulai. Acara ini dibagi menjadi 2 bagian, dimana pada bagian pertama, tiap-tiap kandidat akan maju satu persatu ke podium untuk mempresentasikan ide mereka, beserta beragam macam hal lain yang bersangkutan, seperti alasan mereka memilih ide tersebut, kegunaannya untuk masyarakat dan dunia, dan lain-lain. Setiap kandidat diberikan waktu maksimal 5 menit dalam penyampaian materi masing-masing, diikuti dengan respon dari juri-juri yang hadir dalam bentuk pertanyaan yang juga berlangsung selama 5 menit. Juri yang hadir pada acara ini ada tiga orang, yaitu :

  • Johan, S.Kom., M.M., selaku Wakil Rektor dari Student Affairs and Community Development;
  • Prof. Dr. Juneman Abraham, selaku Professor (Guru Besar) Psikologi Universitas Bina Nusantara;
  • Dr. Elidjen, S.Kom., MInfoCommTech., CIP selaku Associate Professor of Management of Bina Nusantara University.

Kemudian acara pun dilanjutkan ke bagian selanjutnya, dimana para kandidat akan melakukan QnA mengenai study case, dimana pertanyaan-pertanyaan akan diberikan dari kedua juri dalam durasi 1 menit, dimana kedua juri tersebut adalah :

  • Wishnoebroto, S.Pd., M.Hum., MA
  • Dr. Franklin G. Talaue, M.A.Engl.

Setelah itu, para kandidat akan diberikan waktu 3 menit untuk mempersiapkan jawaban terbaik atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Setelah semua kandidat telah menyelesaikan QnA nya masing-masing, sesi 2 pun ditutup, dan para kandidat dipersilahkan untuk beristirahat selagi para juri melakukan penilaian.

Setelah sesi istirahat selesai, acara PILMAPRES 2023 pun memasuki bagian akhir acara. Semua kandidat dipanggil naik ke podium untuk diberikan penghargaan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES), dan hasil pemilihan MAWAPRES terfavorit dan MAWAPRES terbaik tahun 2023 pun diumumkan.

 

Selamat kepada semua MAWAPRES Bina Nusantara 2023 atas prestasinya, dan selamat kepada Edward Hartanto Enrico Abadi sebagai perwakilan dari School of Information Systems jurusan Business Information Technology BINUS University @Bekasi dan Thalea Christy Nathaniela sebagai perwakilan fakultas BINUS Business School dengan jurusan Entrepreneurship – Business Creation dari BINUS University @Malang atas pencapaiannya sebagai MAWAPRES terbaik 2023 dan MAWAPRES terfavorit 2023.