300 Peserta Ikuti Lomba Renang Lintas Selat Sunda Sejauh 39 Km

TEMPO.COJakarta – Sebanyak 300 peserta mengikuti lomba renang melintasi Selat Sunda yang berjarak sekitar 39 kilometer dari Bakauheni, Lampung Selatan, ke Merak, Banten, Jumat, 2 Maret 2018.

“Peserta sebagian besar berasal dari Korps Marinir,” kata Kepala Dispen Komar Letnan Kolonel Marinir Ali Sumbogo dalam rilis yang diterima di Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat.

Ia mengatakan lomba dimulai dari Dermaga Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya, Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Pantai Tanjung Sekong, Dermaga PT Jumbo Power Int, Merak, Banten. Peserta akan memulai pertandingan pada Jumat, sekitar pukul 21.30 WIB, dan diperkirakan finis pada pukul 09.00-11.00 WIB.

Ia menjelaskan, 300 peserta renang itu berasal dari berbagai kesatuan Korps Marinir dan umum (terbatas/seleksi).

Selain lomba renang ini, menurut dia, kegiatan lain dalam rangka HUT ke-72 Korps Marinir, berupa lomba dayung melintasi Selat Sunda, dengan peserta 576 pendayung yang terbagi atas 72 tim.

“Masing-masing tim terdiri atas delapan atlet, dan pesertanya juga sebagian besar marinir,” ujar Letkol Marinir Ali Sumbogo.

Ia menjelaskan, hadiah untuk juara pertama berenang melintasi Selat Sunda berupa piala, sertifikat, dan mobil. Urutan kedua mendapat piala, sertifikat, dan mobil, serta urutan ketiga menerima piala, sertifikat, dan sepeda motor.

Juara pertama untuk lomba dayung mendapatkan piala, sertifikat, dan uang pembinaan Rp 100 juta. Urutan kedua piala, sertifikat, dan uang pembinaan Rp 75 juta, sedangkan urutan ketiga memperoleh piala, sertifikat, dan uang senilai Rp 50 juta.