Kenali induk satuan organisasi renang Indonesia

Induk organisasi renang di Indonesia adalah PRSI. PRSI sendiri merupakan kependekan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Meski demikian, PRSI tidak hanya menjadi wadah dari cabang olahraga renang saja, melainkan cabang olahraga akuatik lainnya.

Sebagai induk organisasi yang mewadahi atlet dari seluruh cabang olahraga akuatik, PRSI memiliki visi untuk membangun karakter dan mengharumkan nama bangsa melalui cabang olahraga akuatik.

Adapun untuk mewujudkan visi tersebut, PRSI menerapkan sejumlah visi antara lain,

  • memasyarakatkan olahraga renang sebagai kebutuhan hidup dasar,
  • menjadikan olahraga renang  sebagai gaya hidup sehat,
  • mendorong lahirnya atlet-atlet akuatik yang berprestasi,
  • merangkul semua pihak dalam mengembangkan olahraga akuatik, serta
  • memastikan perbaikan kualitas SDM yang merata di semua daerah.

induk organisasi renang di Indonesia adalah PRSI, yang berperan untuk mengembangkan atlet-atlet akuatik untuk bisa bersaing di kompetisi tingkat internasional. Untuk lebih mengenal lebih dalam mengenai PRSI, berikut adalah ulasan lebih lanjut, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (8/9/2022).

Sejarah singkat PRSI

Induk organisasi renang di Indonesia adalah PRSI. PRSI merupakan kependekan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Organisasi ini didirikan pada 21 Maret 1951, yang pertama kali diketuai oleh Prof. Dr. Poerwo Soedarmo.

Sekarang, PRSI telah memiliki pengurus di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Demikian seperti dilansir Liputan6.com dari laman resmi PRSI.

PRSI dipimpin oleh seorang Ketua Umum yang dipilih oleh pengurus induk provinsi dalam forum musyawarah nasional (munas) yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali di masa akhir periode jabatan.

Untuk menjalankan peran kepemimpinan di PRSI, Ketua Umum dibantu oleh lima Wakil Ketua Umum, yang menjalankan peran pengelolaan untuk bidang-bidang yang berbeda. Waketum I menjalankan peran pengelolaan organisasi, Waketum II mengurusi hal-hal teknis, Waketum III mengurusi bidang dana dan usaha, Waketum IV mengurusi bidang kerja sama luar negeri, serta Waketum V yang berperan untuk mengelola operasional harian. Untuk bidang kesekretariatan dijalankan oleh Sekjen.

Source : https://hot.liputan6.com/read/5064265/induk-organisasi-renang-di-indonesia-adalah-prsi-kenali-peran-dan-programnya?_gl=1*1d340f3*_ga*NDg3NTQ0MjIyLjE2NjcyMDQ1ODE.*_ga_32EZW1NHGX*MTY2NzIwNDU4MC4xLjEuMTY2NzIwNDkxNi41MC4wLjA.