Tips belajar renang bagi pemula

Belajar berenang bisa dilakukan oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun banyak yang merasa takut untuk memulai berlatih renang. Latihan renang pun perlu dilakukan berkali-kali hingga mahir. Berikut ini tips dan cara belajar berenang bagi para pemula :

1. Biasakan diri berada di dalam air dari kolam yang dangkal
Membiasakan diri berada di dalam air adalah langkah pertama yang perlu dilakukan saat Anda belajar berenang. Caranya sederhana. Anda bisa memulainya dengan berdiri di kolam yang tidak terlalu dalam, Setelah itu, mulai masukkan wajah ke dalam air sambil masih dalam posisi berdiri. Tahan lima detik sambil menghembuskan napas di dalam air, lalu kembali angkat wajah dari air. Ini akan membuat Anda merasakan sensasi bernapas di dalam air dan perlahan membiasakan diri berada di dalam air.

2. Mulai belajar mengambang di dalam air
Untuk bisa berenang, kita harus bisa mengambang di dalam air. Sebenarnya, tubuh kita secara otomatis akan bisa mengambang di atas air, namun kadang kita takut untuk melepaskan pegangan dan jejakan kaki kita dari dasar. Agar lebih mudah, Mulailah pada kolam yang dangkal agar jika ada reflek untuk berdiri setelah mencoba mengambang untuk pertama kali, kaki masih bisa menggapai dasar kolam. Belajar mengambang bisa dimulai dengan memposisikan tubuh seperti bintang laut dengan kaki dan lengan terbuka lebar. Cobalah untuk diam di posisi tersebut selama beberapa detik atau bahkan menit. Kita bisa mulai belajar cara mengambang yang baik saat berenang, yaitu:
• Saat mengambang, posisi kepala, pinggul, dan kaki haruslah membentuk garis horizontal lurus (seperti sedang tengkurap atau berbaring).
• Jika Anda berenang dalam posisi batang tubuh menggantung atau kaki menurun, laju renang akan terhambat. Anda pun akan membuang lebih banyak energi saat berenang.
• Cobalah untuk memasukkan kepala lebih dalam ke air untuk menyejajarkan posisi tubuh jika posisi kaki terus-menerus turun.
• Apabila batang tubuh terus menggantung, cobalah lebih sering melatih kekuatan otot perut supaya batang tubuh bisa tetap lurus saat Anda di dalam air.

3. Berusaha untuk tetap rileks
Salah satu saran yang sering diberikan pada pemula yang belajar renang adalah harus rileks di dalam air. Kondisi rileks akan mencegah panik dan menghemat energi yang digunakan saat berenang.Tetapi kondisi rileks saat berenang bukan sembarang rileks. Pasalnya, Anda harus tetap mampu mengontrol posisi tubuh selama di dalam air agar tetap sejajar dari kepala hingga kaki.

4. Perhatikan teknik bernapas yang baik
Agar bisa berenang dengan baik, kita juga harus mengatur teknik bernapas yang benar. Hal yang harus diperhatikan oleh para perenang pemula adalah jangan menahan napas saat kepala berada di dalam air. Saat kepala berada di dalam air, Anda harus membuang napas. Menahan napas di dalam air akan membuat gerak tubuh melambat dan kekurangan napas. Ada masa kepala naik ke permukaan karena di saat itulah Anda bisa mengambil napas.

5. Memposisikan tangan dan lengan agar sejajar dengan bahu
Saat sedang berenang, panjangkan tubuh bersama setiap gerakan tangan. Jagalah supaya posisi tangan dan lengan sejajar dengan bahu dalam setiap kayuhan tangan.Ketika tangan masuk kembali ke air, jangan sampai gerakan di bawah air melewati bagian tengah tubuh.

6. Memperhatikan gerakan kaki
Meski kekuatan utama yang menggerakkan tubuh melaju di air adalah tangan dan lengan, jangan sepelekan teknik gerakan kaki. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh perenang pemula adalah terlalu banyak atau terlalu heboh menggerakkan kaki.Gerakan kaki yang terlalu banyak hanya akan memberikan sedikit dorongan untuk laju badan di air. Tetapi aktivitas ini malah memakan banyak energi dan cepat menaikkan denyut jantung. Pasalnya, gerakan kaki akan menggunakan otot-otot besar di tubuh seperti otot paha.Sebaliknya, gerakkan kaki dengan ringan dan rileks dari paha dalam posisi jari-jari kaki meruncing (point). Tidak perlu menggerakan kaki terlalu heboh. Anda cukup memastikan posisi kaki selalu sejajar dengan batang tubuh.

7. Gunakan alat bantu untuk belajar berenang
Beberapa alat bantu dapat membantu Anda untuk belajar berenang dengan lebih mudah. Alat tersebut bukanlah ban, karena justru akan mengganggu pergerakan. Alat yang bisa digunakan untuk belajar berenang antara lain adalah papan pelampung khusus yang terbuat dari plastik.Anda dapat menggunakan papan tersebut sebagai pegangan saat sedang belajar berenang maju ke depan.

Rahardini, A. (2020). 7 Cara Cepat Belajar Berenang Bagi Pemula | SehatQ. Retrieved 2 June 2021, from https://www.sehatq.com/artikel/pelajari-tips-belajar-renang-bagi-pemula-agar-anda-tak-ragu-lagi

Triadanti, T. (2019). Cara Cepat Belajar Renang, yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Ini sampai Mahir. Retrieved 2 June 2021, from https://www.idntimes.com/health/fitness/danti/cara-belajar-renang/5