Apakah berenang bisa membuat tinggi badan bertambah?

Tinggi badan

Renang menjadi salah satu olahraga yang diandalkan untuk membantu menambah tinggi badan anak. Banyak orangtua yang telah mengajarkan anaknya sedari kecil dengan harapan anak bisa tumbuh tinggi melebihi orangtuanya.

Renang bisa menjadi salah satu olahraga paling baik yang dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan anak. Namun, perlu diketahui bahwa tidak hanya olahraga renang saja. Olahraga lainnya juga dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan anak karena saat olahraga hormon pertumbuhan dilepaskan oleh tubuh.

Bagaimana renang bisa menambah tinggi badan?

Renang dapat memicu pelepasan hormon pertumbuhan yang mendukung pertumbuhan tinggi badan. Selain itu, hampir semua otot-otot dalam tubuh terpakai (bekerja) saat berenang sehingga dapat membantu menambah tinggi badan anak. Hal ini dapat meningkatkan fungsi otot dan juga meningkatkan pelepasan energi.

Renang juga dianggap dapat membantu perpanjangan tulang belakang dan kaki, sehingga akhirnya dapat menambah tinggi badan. Berenang dapat menstimulasi tumbuh kembang anak dan juga memungkinkan anak untuk menghirup lebih banyak oksigen. Oksigen ini kemudian dapat membantu tubuh anak dalam memperbaiki sel-sel yang rusak.

Apa saja faktor yang memengaruhi tinggi badan seseorang?

Perlu diingat bahwa terdapat banyak faktor yang memengaruhi tinggi badan (bukan hanya olahraga saja). Ketika semua faktor tersebut tidak didukung, maka pertumbuhan tinggi badan juga tidak dapat berjalan dengan optimal. Jadi, jika Anda mengandalkan renang saja tanpa memenuhi kebutuhan nutrisi anak, maka pertumbuhan tinggi badan anak pun akan terhambat.

Dua faktor utama yang memengaruhi tinggi badan seseorang adalah genetik dan lingkungan. Jika kedua orangtua tinggi, maka anaknya dengan mudah bisa mencapai tinggi badan yang tinggi. Sedangkan, jika kedua orangtua pendek, maka anaknya mempunyai tinggi badan yang mungkin tidak jauh dari orangtuanya. Inilah yang disebut dengan faktor genetik atau keturunan.

Namun, faktor genetik ini bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Jadi, jika faktor lingkungan mendukung anak untuk tumbuh lebih tinggi, maka bisa saja anak lebih tinggi dari orangtuanya. Oleh karena itu, tetap perhatikan nutrisi, olahraga, dan kualitas tidur anak sebagai upaya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Veratamala, A. (2021). Benarkah Renang Dapat Menambah Tinggi Badan? • Hello Sehat. Retrieved 9 September 2021, from https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/renang-menambah-tinggi-badan/