Musisi di Era Digitalisasi

Era digital merupakan era dimana hampir semua hal yang kita lakukan dipermudah dengan adanya teknologi yang membantu kegiatan yang kita lakukan menjadi serba praktis dan mengubah kehidupan kita menjadi serba digital. Sebagai contoh, kita dipermudah dalam hal komunikasi dikarenakan adanya internet. Dengan menggunakan internet, kita dapat terhubung ke saudara kita yang tinggal jauh di belahan dunia secara live. Lalu, apa saja yang terjadi kepada musisi-musisi di era digital sekarang ini ?

Pada era digitalisasi, para musisi menjadi lebih mudah dalam mengakses karya-karya musisi lain di seluruh dunia. Platform seperti YouTube, Spotify, Soundcloud, dan platform musik yang lainnya menjadi sebuah wadah informasi dan referensi yang amat sangat berguna bagi para musisi-musisi di era sekarang ini. Dikarenakan referensi musik yang dapat diakses dengan mudah, para musisi di dalam negeri kita pun memiliki karya yang bervariatif dari karya-karya musik di era sebelum digitalisasi.

Selain karya musik yang menjadi lebih bervariatif, mempublikasikan karya musik pun menjadi lebih mudah di era digitalisasi. Jika di era dulu mempublikasikan karya musik harus melalui label rekaman, di era sekarang sudah ada yang namanya agregator digital atau distributor digital. Agregator digital memberikan kita kemudahan untuk mempublikasikan karya musik ke platform-platform musik yang ada di internet. Selain hanya mempublikasikan sebuah karya, agregator digital juga memberikan musisi hasil monetisasi karya yang telah mereka buat. Jadi, para musisi pun akan mendapatkan uang jika karya musik yang mereka publikasikan itu didengar oleh banyak orang.

Setelah mendapat kemudahan mempublikasikan karya di era digital, para musisi pun juga memiliki kemudahan dalam mendapatkan perhatian publik. Dengan adanya media sosial, para musisi dapat dengan mudah mempromosikan karya-karya yang telah mereka buat. Sebagai contoh, para musisi dapat membagikan karya-karya yang telah mereka buat di platform-platform sosial media yang dapat diakses dengan gratis seperti Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, dan masih banyak lagi. Di platform media sosial tersebut, para musisi dapat membagikan karya musik mereka ke seluruh penjuru dunia dengan mudah.

Makanya, kalau kalian mempunyai minat dan bakat di bidang bermusik, jangan hanya dipendam, tapi coba meng-upload karya-karya kalian di platform-platform media sosial yang sudah disebutkan di atas. Peluang kalian menjadi musisi terkenal pasti ada !

 

Long Live Rock n’ Roll !