Legenda Musik Campusari di Indonesia

Sang maestro campursari Didik Prasetyo atau akrab dipanggil Didi Kempot merupakan satu-satunya sosok yang mampu membawa lagu berbahasa jawa kerancah nasional. Ia merupakan salah satu legenda musik campursari di Indonesia. Beliau mampu membuat seluruh kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa menikmati rangkaian lagu miliknya. Hingga saat ini, beliau lekat dengan julukan “The Godfather of Broken Heart” karena lagu ciptaannya mampu menyayat hati para pendengar.

Musik campursari berasal dari perpaduan alat musik drum, sambal, elekton, dan alat musik diatonik elektronik ke dalam lagu-lagu yang berbasis gamelan. Kehadiran gamelan dalam musik campur sari adalah syarat mutlak, dimana musik elektronik hanya sebagai tambahan untuk memberikan kesan modern dan variasi suara (timbre).

Musik Didi Kempot adalah campuran unik dari kencrung (keroncong), hentak dangdut, dan bangunan lagu pop. Beliau konsisten mengangkat tema dan suasana lelaki yang sedang meratapi kehilangan kekasih, ditinggalkan, ataupaun dilupakan. Musiknya kerap disukai oleh orang asing sehingga ia mulai tampil di luar negeri. Lalu ia kembali ke Indonesia untuk memulai kembali profesinya sebagai musisi.

Karir Didi Kempot semakin populer setelah kembali ke Tanah Air. Ia mengeluarkan lagu-lagu legendaris yang membuatnya mendapat apresiasi yang tinggi dari warga Indonesia. Didi Kempot juga mengingakan kepada generasi muda bahwa pentingnya menjaga tradisi budaya Indonesia salah satu lewat musik.

Sumber : https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/05/15/didi-kempot-dalam-perjalanan-musik-modern-jawa