EDM PLUS MUSIK TRADISIONAL, KENAPA ENGGAK?

Penggemar EDM (Electronic dance music) dan synth-pop di Indonesia pastinya sudah tak asing lagi dengan nama Weird Genius. Weird Genius adalah grup musik asal Indonesia yang beranggotakan Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu.

Netizen Indonesia (dan juga dunia) mungkin mengenal Weird Genius dari lagu viral “Lathi” featuring Sara Fajira. “Lathi” dirilis pada tanggal 26 Maret 2020, dan sudah ditonton lebih dari 100 juta kali di YouTube. Di Spotify, “Lathi” memiliki lebih dari 48 juta streams, menduduki #1 di chart Top 50 Spotify Indonesia, #1 di Top 200 iTunes Indonesia, #1 di Top 50 Spotify Viral Indonesia, sampai #2 Spotify Global Viral 50.

Weird Genius (foto bawah, dari kiri): Gerald Liu, Eka Gustiwana, dan Reza Oktovian.

Namun, apa sih yang membuat “Lathi” menjadi viral?

Sara Fajira, penyanyi asal Surabaya yang juga berperan sebagai co-writer “Lathi”, menyanyikan lagu ini dengan bahasa Inggris dan Jawa. ‘Kowe ra iso mlayu saka kesalahan, ajining diri ana ing lathi’, lirik yang terdapa pada lagu ini memiliki arti ‘kamu tidak bisa lari dari kesalahan, harga diri seseorang ada pada lidahnya (perkataannya)’.

Banyak orang Indonesia yang tidak familiar atau tidak mengetahui mengenai arti lirik tersebut, apalagi orang asing. Ditambah dengan instrumen EDM yang dicampur dengan elemen musik tradisional Indonesia seperti gamelan, “Lathi” menjadi lagu viral yang dinikmati oleh banyak orang.

“Lathi” menjadi lagu yang benar-benar membawa Weird Genius ke tingkat selanjutnya, karena pada tanggal 17 Agustus 2020, Reza Oktovian mengumumkan lewat akun Twitter-nya bahwa Weird Genius resmi menjadi musisi Asia pertama yang bergabung dengan Astralwerks, label internasional yang menaungi beberapa musisi besar seperti Swedish House Mafia, Marshmello, Halsey, Alesso, David Guetta, San Holo, Sia, dan masih banyak lagi.

“Lathi” mungkin saja bisa meledak populer karena unsur tradisional Indonesia yang membawa keunikan, terutama bagi telinga orang asing. Namun, “Lathi” bukan satu-satunya lagu dari Weird Genius yang mengandung unsur tradisional.

“DPS”, single perdana Weird Genius yang dirilis pada tahun 2017 juga memiliki unsur tradisional. “DPS” memadukan instrumen gamelan Bali dengan elemen-elemen genre EDM. Dibawakan dengan bahasa Inggris dan lirik yang catchy, lagu ini tidak kalah keren dengan lagu-lagu Weird Genius lainnya.

Weird Genius berharap bahwa mereka bisa membuat Indonesia bangga atas segala prestasi mereka.

Sumber: