(BERITA SATU) 10 Fakta Michael Jackson yang Mungkin Belum Anda Ketahui

New York – Jika masih hidup “King of Pop” Micheal Jackson akan merayakan ulang tahun yang ke-56 tahun hari ini. Namun kematiannya pada Juni 2009 tak membuat musisi dunia dan segala macam hal yang melekat pada dirinya ikut terkubur. Nama Michael Jackson masih tetap menghasilkan pundi-pundi dolar dan pengaruhnya di dunia musik internasional menjadi roh sejumlah penyanyi pendatang baru.

Sebuah situs untuk kulit hitam Amerika mengumpulkan 10 fakta tentang Michael Jackson yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut fakta selengkapnya versi Newsone.

1. Michael Jackson adalah artis dengan penghasilan tertinggi meskipun sudah meninggal. Ia mengalahkan legenda Rock and Roll Elvis Presley dan penulis lagu The Beatles John Lennon. Gelar tersebut diberikan oleh Guinness Book Of World Records. Dalam tahun pertama sejak meninggal, Michael Jackson mengumpulkan US$ 1 miliar.

2. Bukan sekadar bintang hiburan, Michael Jackson ternyata memiliki insting bisnis yang tajam. Tahun 1985 ia membeli hak cipta 250 lagu Beatles yang belum masuk dapur rekaman yang ditulis oleh John Lennon dan Paul McCartney dengan harga US$47 juta. 10 tahun kemudian ia menjual sebagian lagu-lagu tersebut pada Sony dengan harga US$95 juta, yang membuat Sony berkolaborasi dengan perusahaan rekaman ATV. Kolaborasi tersebut menghasilkan keuntungan US$1 miliar pertahunnya.

3. Michael Jackson memiliki kontrak rekaman paling besar. Sembilan bulan setelah meninggal, ahli waris Michael Jackson menandatangani persetujuan dengan Sony Records senilai US$ 290 juta untuk meluncurkan lagu-lagu almarhumah yang belum sempat direkam. Lagu tersebut akan dikemas dalam 10 album dan rencananya diluncurkan pada 2017, termasuk soundtrack dari tur dokumentasinya “This Is It.”

4. Lagu-lagu Michael Jackson paling banyak diretas hackers. Peretas berhasil mengunduh lagu-lagu Michael Jackson sebanyak kurang lebih 50.000 kali. Menanggapi hal tersebut Sony segera memperketat keamanan di situsnya menghindari kejadian serupa untuk album berikutnya yang akan dirilis.

5. Klub musik dan DJ di seluruh Amerika Serikat, dari Washington DC, Los Angeles, hingga New York City serta kota-kota besar lainnya merayakan pesta kelahiran Micheal Jackson setiap tahunnya. Tak ketinggalan produsernya DJ Spinna selalu ikut dalam pesta yang diselenggarakan serentak di AS.

6. “Billie Jean” merupakan video pertama dari Michael Jackson yang disiarkan oleh MTV. Video tersebut akhirnya melegenda karena banyak fans Michael Jackson meniru gaya rambut dan tarian sang bintang. Video ini juga dipercaya yang membuat MTV menjadi saluran musik terkenal dunia.

7. Album “Thriller” bukan cuma album pertama yang melejitkan nama Micheal Jackson di jagat musik dunia. Lima album sebelumnya dilaporkan berhasil menembus angka jutaan kopi. “Off The Wall,” yang dirilis 1979, menembus angka 20 juta kopi. Begitu juga dengan album-album berikutnya; “Bad,” “Dangerous,” dan “HIStory”. Sedangkan “Thriller” menembus angka 110 juta kopi.

8. Menurut Newsone, Michael Jackson merupakan artis yang paling banyak mendapatkan penghargaan di sepanjang hidupnya. Penghargaan tersebut antara lain 23 gelar dari Guinness World Records, 40 dari Billboard Awards, 13 Piala Grammy, dan 26 dari American Music Awards. Di bidang kemanusiaan pun, Michael Jackson mendapatkan sejumlah gelar karena memperjuangkan perdamaian, persamaan hak kulit hitam dan putih, serta pendidikan.

9. Michael Jackson menjadi inspirasi artis lainnya diluar genre musik pop. Usher, Justin Timberlake, Chris Brown, dan Justin Bieber mengaku musik-musik mereka dipengaruhi si Raja Pop. Begitu juga artis musik rock seperti Adam Lambert, Green Day, atau penyanyi wanita laksana Beyoncé dan Madonna.

10. Beberapa menit setelah kematian Michael Jackson, MTV yang sedang menyiarkan program reguler langsung merubah acaranya dengan tayangan lagu-lagu Michael Jackson, perjalanan hidupnya, serta berita-berita seputar sang superstar. Bahkan tim yang terlibat dalam produksi tersebut enggan membicarakan gosip artis lainnya. Mereka fokus mengerjakan tayangan perjalanan hidup Michael Jackson selengkapnya-lengkapnya.

Situs :http://www.beritasatu.com/hiburan/206087-10-fakta-michael-jackson-yang-mungkin-belum-anda-ketahui.html

Andres Fatubun