Bagaimana Cara Tune-Up Drum?

 Tune-Up alat musik memang salah satu hal yang penting demi kualitas bunyi yang kita hasilkan dari masing-masing alat musik. Biasanya “Tuning” atau “Tune-Up” dilakukan kepada alat musik seperti gitar atau bass, tetapi drum pun juga harus di Tuning! Berikut adalah cara men-tune drum versi Wikihow

  1. Sediakan kunci drum. Kunci drum dibutuhkan untuk menyetel drum dan bisa dibeli seharga 20 ribu saja di toko musik. Untuk mulai menyetel drum atau mengati heads, hanya perlu sebuah stik dan kunci drum. Angkat snare dan lepaskan dari stand sebelum memulai.

    aid82269-760px-Tune-Your-Drums-Step-2

  2. Longgarkan semua baut pada head snare. Longgarkan setiap baut dengan memutar masing-masing sekitar setengah putaran. Jangan melakukan sampai baut tercopot, cukup lakukan hingga kendur dan dapat dengan mudah diputar menggunakan tangan.
    aid82269-760px-82269-2
  3. Lepaskan rim dan semua baut, lalu lepas bagian head. Bersihkan bagian dalam snare dengan menggunakan lap kering. Bersihkan juga head snare secara hati-hati tanpa menggoresnya.
    aid82269-760px-Tune-Your-Drums-Step-6
  4. Memasang head snare. Setelah dirasa cukup bersih, pasang kembali head dan rim serta baut. Kencangkan semua baut dengan menggunakan tangan (jangan langsung menggunakan kunci drum) hingga terasa sulit untuk dikencangkan lagi.
    aid82269-760px-Tune-Your-Drums-Step-7
  5. Mengencangkan head snare. Tekan bagian tengah head dengan menggunakan tangan Anda. Lakukan hingga 5-10 kali. Jangan khawatir Anda tidak akan memecahkannya. Tekan dengan sekuat tenaga namun tetap lembut.
    • Pemain drum melakukan ini dengan alasan yang sama saat pemain gitar membentang senar gitarnya sebelum dipasang. Hal ini agar head snare tidak kaku saat dikencangkan dan agar tidak mudah rusak. Jika Anda tidak melakukan hal ini, maka suara snare akan selalu berubah setiap kali Anda menggunakannya.
    • Pastikan baut sudah terpasang dengan cukup kencang sebelum melakukannya.

    aid82269-760px-Tune-Your-Drums-Step-10

CARA TUNING SNARE DRUM

Nah, setelah selesai pemasangan kita akan memasuki bagian Tuning Snare Drum!

  1. Kencangkan baut secara diagonal. Kencangkan salah satu baut pada snare dengan menggunakan kunci drum. Setelah dirasa cukup, Anda jangan mengencangkan baut di samping dari baut yang baru dikencangkan tadi, kencangkanlah baut yang berada di bagian sebrang dari baut yang tadi telah dikencangkan. Setelah cukup kencang, sekarang saatnya untuk mengencangkan baut yang berada di bagian samping (lewat satu baut dari baut yang telah dikencangkan tadi) lalu kemudian setelah kencang maka Anda tinggal meneruskannya sesuai aturan sebelumnya.
    • Terus kencangkan baut pada snare hingga Anda menemukan karakter suara yang cocok dengan Anda. Tahap ini mungkin memerlukan 4-8 kali putaran setiap bautnya.[2]

    aid82269-760px-Tune-Your-Drums-Step-12

  2. Temukan nada yang Anda suka. Kebanyakan pemain drum memukul bagian pinggir dari head dekat dengan baut dan kemudian menyamakannya dengan bagian sebrangnya, hal itu dilakukan untuk bisa mendapatkan nada yang sesuai.
    • Jika Anda menggunakan head snare baru, kencangkan lebih dari biasanya dan kemudian tekan lagi bagian tengahnya sampai terdengar suara retakan. Hal ini agar suara yang dihasilkan lebih nyaring. Setelah selesai, kencangkan bagian head agak lebih kencang daripada bagian bawah (bottom).

    aid82269-760px-82269-7

  3. Pastikan baut sudah terpasang dengan kencang. Pukul snare dengan jarak sekitar satu inci dari tiap baut. Hal ini untuk memastikan bahwa seluruh bagian drum memiliki nada yang sama, dan jika tidak Anda bisa mengencangkan atau mengendurkan bagian yang tidak sama tersebut.
    • Jika Anda tidak suka suara nyaring, Anda dapat menggunakan peredam di bagian dalam snare.

    aid82269-760px-Tune-Your-Drums-Step-13

  4. .Lakukan hal yang sama untuk bagian bawah (bottom) snare. Anda bebas untuk mengatur kekencangan snare bagian bawah agar lebih kencang atau lebih kendur daripada bagian atas, lakukan langkah yang sama seperti pada bagian head snare bagian bawah ini akan membantu Anda untuk mendapatkan nada yang sesuai dengan keinginan Anda.aid82269-760px-Tune-Your-Drums-Step-14
  5. Lakukan perawatan dengan baik pada snare Anda. Snare merupakan bagian terpenting dalam drum, maka pastikan agar suaranya tidak berubah saat digunakan dengan cara mengencangkan baut nya terlebih dahulu atau atur sesuai dengan nada yang Anda inginkan.
    aid82269-760px-Tune-Your-Drums-Step-16

Nah begitulah cara kita bisa mengatur suara nada Drum yang kita inginkan, jadi jangan lupa Tuning ya sebelum dimainkan! 🙂

Sumber : http://id.wikihow.com/Mengatur-Nada-Drum

Mochamad Dietrich M