Kegiatan Tirtofest 2024 oleh Binusian Smasher dalam Pengabdian Kepada Masyarakat

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Binus University Malang telah mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pelatihan dasar dalam olahraga badminton terhadap siswa-siswi sekolah dasar dan sekolah menengah pertama untuk meningkatkan keterampilan bermain badminton. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 4 Mei 2024 hingga Minggu 26 Mei 2024 yang berlokasi di Lapangan Badminton Tirtomoyo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Kegiatan ini berlangsung dengan bantuan panitia dan volunteer.

Langkah awal kami lakukan dengan melakukan open recruitment calon volunteer lalu kami melakukan beberapa interview dan hasilnya, kami memilih delapan volunteer coach badminton dan lima volunteer kerja bakti. Selanjutnya, kami mengadakan briefing dan pelatihan pracoaching. Melalui briefing dan pelatihan pracoaching ini, para volunteer menjadi lebih memahami apa saja yang perlu diajarkan dan diperhatikan dalam memberikan pelatihan kepada para murid yang mengikuti kegiatan tirtofest cabang olahraga badminton. Selain itu kami juga berhasil melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan lapangan Desa Tirtomoyo pada tanggal 29 April 2024 yang bertujuan untuk bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit yang disebabkan oleh kotoran dan sampah.

Pertemuan pertama ini diawali dengan pemanasan dan perkenalan serta mengajarkan bagaimana cara memegang raket, melakukan pukulan, dan footwork yang digunakan dalam bermain badminton. Kami dapat merasakan antusiasme yang tinggi dari para murid bahkan salah satu guru olahraga dari MI Nurul Huda, Pak Erik, ikut hadir dalam menyaksikan pelatihan perdana yang dilakukan. Oleh karena itu, kami berkesempatan untuk mewawancarai beliau terkait pendapat dalam pelatihan pertama yang berhasil dilaksanakan.

Dengan adanya program Binus ini saya merasa sangat terbantu sebagai guru olahraga, karena dengan ini bisa lebih mematangkan skill mereka di masing-masing bidang, yang berminat voli bisa mematangkan skill di voli, yang futsal juga bisa mematangkan skill mereka di futsal, begitupun juga yang badminton sehingga minat dan bakat anak-anak bisa lebih diasah dengan lebih baik lagi disini. Jadi, saya berterimakasih kepada anak-anak Binus dengan adanya program seperti ini, saya merasa sangat terbantu terutama sebagai guru olahraga, karena saya juga mungkin memiliki keterbatasan dalam membina anak-anak. (Pak Erik, guru olahraga MI Nurul Huda 02)

Pertemuan kedua diawali dengan peregangan dan lari memutari lapangan. Terdapat beberapa materi yang kami ajarkan pada pertemuan kali ini, yaitu teknik servis, pukulan lob (forehand atas dan smash bagi yang sudah berpengalaman), pukulan forehand dan backhand bawah. Selanjutnya terdapat fun match antar peserta. Fun match ini dilakukan pada setiap akhir agenda pertemuan yang bertujuan agar para peserta siswa tidak hanya mempraktikkan teknik dasar yang telah dipelajari, tetapi juga mengembangkan keterampilan bermain dan kerja sama tim.

Pertemuan ketiga diawali dengan melakukan peregangan dan lari memutari lapangan. Materi yang kami ajarkan adalah rotasi permainan ganda yang bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dalam tim. Selain itu, latihan rotasi ini bertujuan untuk membangun kerja sama yang solid dan meningkatkan kemampuan adaptasi terhadap situasi permainan sehingga mereka dapat bermain lebih efisien dan harmonis sebagai satu kesatuan tim. Lalu, kami juga mengadakan fun match antar peserta agar kemampuan bermain secara tim dapat lebih terasah.

Pertemuan keempat diawali dengan melakukan peregangan dan lari memutari lapangan. Materi yang kami ajarkan adalah mengenai sistem rotasi ganda dan peraturan-peraturan dalam permainan ganda. Hal ini bertujuan agar para murid dapat memahami cara bergerak dan berpindah posisi dengan benar selama permainan, meningkatkan kerja sama tim, dan memaksimalkan strategi permainan. Selain itu, pemahaman yang baik tentang peraturan-peraturan ganda dapat membantu pemahaman dalam bermain dengan fair dan efisien, serta mengurangi kesalahan selama pertandingan. Dengan demikian, pemain dapat bermain lebih harmonis dan efektif dalam tim ganda. Lalu seperti biasa, kami juga mengadakan fun match antar peserta.

Kegiatan pertemuan kelima adalah pertandingan antar sekolah. Dalam pertemuan lima ini, kami menggunakan sistem ganda campuran dengan point 21 setiap setnya. Pertandingan ini diikuti oleh 12 orang dengan 6 tim perwakilan tiap sekolah, yaitu MI Mambaul Ulum Pakis, SMP Islam Pakis, MI Nurul Huda 02, MTS Dzunnuroin, SDN 1 Tirtomoyo, MI AL Khoiriyah. Kegiatan dimulai dengan panitia dan volunteer yang saling bekerja sama dalam membuat bagan sistem gugur 6 tim. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan doa, sambutan, dan penentuan tim dalam struktur sistem gugur. Pertandingan dimulai dengan sangat sengit dan seru, karena banyak guru dan teman-teman yang ikut menyaksikan dan menyemangati baik anak didik maupun teman mereka. Selain itu, kontribusi dari panitia dan volunteer yang ikut menyemangati para peserta juga membuat suasana pertandingan menjadi lebih seru dan hidup. Setelah melalui lima match dengan suasana pertandingan yang memanas, SMP Islam pakis berhasil unggul dari SDN 1 Tirtomoyo dengan skor 20-22, 21-14, dan 21-17 pada babak final. Maka dari itu, secara otomatis SMP Islam Pakis meraih posisi juara satu dan SDN 1 Tirtomoyo meraih posisi juara dua. Pada kesempatan ini kami juga sempat melakukan wawancara dengan Bu Esti selaku guru dari SMP Islam Pakis yang hadir di tempat.

Tirtofest adalah kegiatan atau program yang harus diadakan setiap tahun, karena kegiatan tersebut sangat banyak membantu daerah-daerah yang selama ini sebenarnya mempunyai potensi tetapi kurang dipromosikan, mulai dari UMKMnya, sekolahnya, masyarakatnya dapat sangat teredukasi dengan adanya kegiatan Tirtofest yang diadakan oleh Binus Malang. Acaranya sangat berbobot dan berkelas, semua kalangan bisa dirangkul dan dijangkau, kakak-kakak Binusnya sangat ramah dan benar-benar membantu dan melaksanakan program ini dengan totalitas tanpa merasa diabaikan sama sekali. Terimakasih binus, saya berharap agar dapat membuat acara yang lebih gokil lagi dari ini, karena dampaknya yang luar biasa dan saya dapat merasakan empati kalian semua terhadap masyarakat sekitar. (Bu Esti, guru SMP Islam Pakis)

Puncak kegiatan dari Tirtofest ini adalah awarding day yang dilaksanakan pada Minggu 26 Mei 2024. Awarding day ini merupakan kegiatan penyerahan penghargaan kepada para pemenang baik dari cabang olahraga badminton, futsal, dan voli. Selain itu, terdapat lomba mewarnai dan bazar UMKM sekitar yang berguna untuk meningkatkan kegiatan perekonomian di daerah Desa Tirtomoyo.

Kegiatan Tirtofest 2024 dalam rangka pengabdian kepada masyarakat Desa Tirtomoyo berjalan dengan lancar bahkan kami juga mendapatkan banyak feedback positif baik dari para guru maupun para murid yang mengikuti kegiatan ini. Selain itu, banyak peserta yang akan menantikan kegiatan ini di tahun depan. Harapan kami adalah dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Desa Tirtomoyo dapat berkembang lebih maju baik bagi para UMKMnya maupun para murid dalam cabang olahraga badminton yang dapat berguna bagi bangsa Indonesia di masa depan.

Evelyn Theodora Kumala