Bonding With Eksternal : Suksesnya Program Sparing UKM BINUS Badminton Malang dengan UKM Badminton POLKESMA

Bonding With Eksternal : Suksesnya Program Sparing UKM BINUS Badminton Malang dengan UKM Badminton POLKESMA
Renata Fatika Audrey

UKM BINUS Badminton Malang bukan hanya memberikan fasilitas bagi para member untuk mengembangkan bakat didalam kampus saja. UKM BINUS Badminton Malang juga membuat program kerja berupa sparing untuk meningkatkan kemampuan para atletnya, membiasakan atlet dengan suasana kompetisi, membentuk mental atlet, dan tentunya untuk membangun relasi yang baik dengan pihak eksternal.

Sparing merupakan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan atlet badminton dengan berkolaborasi dengan pihak eksternal. Kegiatan ini akan dilaksanakan rutin setiap periodenya, seperti pada periode kepengurusan 2023/2024, UKM BINUS Badminton Malang berkolaborasi dengan UKM Badminton POLKESMA untuk melaksanakan kegiatan ini. Pada periode ini sparing diikuti oleh angkatan B24, B25, B26, dan member baru yaitu B27.

Kegiatan sparing antara UKM BINUS Badminton Malang dengan UKM Badminton POLKESMA dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Oktober 2023. UKM BINUS Badminton Malang sebagai tuan rumah mengadakan acara pada lokasi Gor Platinum Araya dan dimulai pada jam 09.00 WIB lalu diakhiri pada jam 11.00 WIB. Acara tersebut dihadiri sebanyak 16 peserta dari pihak UKM BINUS Badminton Malang dan 16 peserta dari pihak UKM Badminton POLKESMA. Kegiatan yang dilakukan pada saat acara tersebut bukan hanya sparing dan beradu skill, melainkan para atlet bertukar informasi dan juga kontak pribadi yang tujuannya memperbanyak relasi atlet di Kota Malang.

Hal yang sama dilakukan oleh para pengurus UKM BINUS Badminton Malang yang bertukar informasi mengenai kepengurusan disetiap instansi yang gunanya sebagai study banding antar UKM Badminton. Dari kegiatan ini atlet UKM BINUS Badminton Malang dapat mengukur kemampuan mereka sudah sampai mana dan sudah bisa menganalisis apa saja yang harus mereka perbaiki untuk sparing dan kompetisi kedepannya.

Pertama, sparing di buka dengan kata sambutan dari ketua UKM BINUS Badminton Malang sebagai tuan rumah untuk menyambut UKM Badminton POLKESMA. Dilanjutkan dengan penentuan match antar grup. Selama terjadinya match antar grup dan atlet, teman-teman yang sedang menonton memberikan antusias yang sangat baik, seperti saling memberikan semangat dengan tidak memandang dari instantisi mana pun. Hal tersebut sudah terlihat bahwa bonding yang dibangun dengan pihak eksternal telah berhasil. Relasi yang sudah dibangun tentunya akan di jaga untuk kedapannya mebuat acara bersama di periode selanjutnya. Tidak lupa acara ini ditutup dengan hangat yang dilakukan dengan sesi dokumentasi foto bersama dan mebuat yel-yel yang nantinya dapat dikenang setelah acara ini berakhir. Dokumentasi yang dilakukan telah diupload ke masing-masing sosial media yang tujuannya menarik engagement followers dan meningkatkan brand awareness dari UKM Badminton di presepsi followers bahwa kegiatan yang dilakukan sangat seru dan sayang untuk dilewatkan.

Program kerja sparing yang diusung dengan tema kekeluargaan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2023 telah sukses dilaksanakan. Sparing antara UKM BINUS Badminton Malang dan UKM Badminton POLKESMA membuat dampak yang positif seperti interaksi yang intens antara para atlet dan pengurus, selain itu tidak hanya keterampilan dalam olahraga badminton yang terasah, tetapi juga terjalinnya hubungan yang baik antar instansi.

Semangat dukungan yang terpancar dari para peserta dan penonton menjadi bukti bahwa kolaborasi ini bukan hanya tentang bermain badminton, tetapi juga mempererat tali persaudaraan di antara atlet di Kota Malang. Harapan untuk kedepannya terus terjaga dan terus tumbuh dengan relasi yang terjalin di acara ini menjadi fondasi yang kuat untuk kerjasama yang lebih baik di masa periode yang akan datang.