Sejarah Li-Ning

Li-Ning merupakan salah satu merek olahraga besar di China yang didirikan oleh seorang mantan pesenam bernama, Li Ning. Perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1990 yaitu dengan tujuan sederhana yaitu untuk memberikan atlet China merek nasional untuk dipakai di panggung dunia dan juga memperkenalkan budaya Tiongkok asli ke ajang pentas global. Setelah melebihi 30 tahun, niat sederhana Li-Ning pun berkembang menjadi merek olahraga global yang mengeksplorasi banyak hal seperti Li-Ning mampu mengembangkan fleksibilitas manusia dalam berolahraga.

Seiring berkembangnya Li-Ning juga melakukan berbagai inovasi dengan tujuan mengembangkan produk – produknya. Li-Ning pun mendorong perkembangan secara terus menerus dengan menawarkan produk dengan material dan kualitias yang diklaim mampu bersaing dengan merek – merek ternama dunia. Sehingga merek Li-Ning juga telah mendominasi sejumlah kategori produk olahraga seperti bola basket, lari, hingga bulutangkis. Sehingga Li-Ning telah mengalami pertumbuhan pada penjualan sepatu dalam beberapa tahun terakhir dan terdapat beberapa seri sepatu besar Li-Ning seperti seri sepatu basker “Flying Armor” dan seri sepatu lari “Flying Feather”.

Li-Ning gencar menarik atlet yang memiliki performa juara untuk melakukan kerja sama. Terdapat beberapa atlet Indonesia yang banyak menggunakan produk Li-Ning dan menjalin kontrak kerja sama seperti Tontowi Ahmad, Mohammad Ahsan, Liliyana Natsir, Hafiz Faisal, dan atlet lainya. Sehingga pada tahun 2018, produk Li-Ning telah resmi menjadi sponsor Asian Games 2018 dan Li-Ning juga menjadi sponsor untuk kontingen Indonesia dalam SEA Games, Piala Sudirman, Piala Thomas, dan Uber.

 

Daftar Pustaka

Mengenal Produk Perlengkapan Olahraga Li-Ning yang Mendunia – JD News. JD News. (2021). Diambil dari https://www.jd.id/news/insight/hobi-dan-gaya-hidup/mengenal-produk-perlengkapan-olahraga-li-ning-yang-mendunia/#:~:text=Li%2DNing%20adalah%20merek%20olahraga,untuk%20dipakai%20di%20panggung%20dunia.

I Putu Rio Siwa Ratrianjaya