Beberapa Keterampilan Terpenting dalam Bermain Badminton

Berikut ini adalah beberapa keterampilan dalam bermain badminton yang penting untuk diterapkan oleh para pemain

  1. Forehand & Backhand Grip

Genggaman forehand dan backhand penting untuk dilakukan secara benar, hal ini akan membantu pemain untuk memperoleh pukulan yang sempurna dan mencegah terjadinya cedera pada pergelangan tangan.

Pukulan forehand menjadi pukulan dasar dalam bermain badminton, dimana pemain mengayunkan pukulan dari belakang badan ke arah depan dengan telapak tangan yang menghadap shuttlecock. Pukulan ini dihasilkan dari pegangan forehand yang dilakukan seperti menjabat tangan seseorang dan pegangan tidak boleh dilakukan secara berlebihan melainkan harus fleksibel dan berkekuatan pada jari telunjuk.

Pukulan backhand dapat dikategorikan sebagai pukulan yang sulit bagi para pemain badminton karena menuntut penguasaan grip dan timing yang tepat. Pemain harus mampu memutar raket dengan cepat dengan posisi tangan yang membelakangi arah pukulan dengan kekuatan ibu jari yang berperan besar dalam melakukan pukulan ini.

  1. Footwork

Footwork adalah teknik pengaturan langkah kaki dalam bermain badminton secara efektif dan cepat. Footwork dapat terbentuk dengan baik apabila terus dilatih secara rajin, tekun, dan benar. Sikap dan posisi pemain harus benar dan sempurna untuk mendukung permainan badminton yang lebih berkualitas dan professional.

Gerakan dan langkah kaki yang semakin cepat akan membantu pemain untuk mencapai dan merespon semua pukulan lawan. Jika pemain memiliki gerak kaki yang lambat, pemain mungkin akan tertinggal dan gagal untuk membalas pukulan lawan.

  1. Sikap Kuda-Kuda Badminton

Sikap kuda-kuda badminton diperlukan untuk membuat pemain merasa siap dalam menerima dan melakukan pukulan secara efektif. Kuda-kuda ini dapat dilakukan dengan cara :

  • Meletakkan kaki yang berlawanan dengan tangan pemegang raket selangkah lebih maju.
  • Mengatur posisi lebar bahu secara rileks tetapi siap.
  • Kedua lutut sedikit ditekuk dengan menahan punggung secara horizontal.
  • Posisi raket yang diangkat ke atas
  • Menjaga keseimbangan tangan yang tidak memegang raket secara sejajar.
  1. Pemanasan Badminton

Penting bagi pemain badminton untuk mengetahui bagaimana melakukan pemanasan sebelum bermain atau bertanding, karena ini akan mempersiapkan tubuh terlebih dahulu untuk menghadapi tantangan yang sebenarnya. Beberapa tips pemanasan dalam bermain badminton yaitu :

  • Melakukan skipping selama 5 menit
  • Melakukan jumping jack selama 1 menit
  • Melakukan lunges selama 1 menit
  • Jogging selama 5 menit
  • Latihan shadow dengan raket selama 5 menit

Nah! Kira-kira begitulah beberapa keterampilan yang penting untuk dikuasai dalam bermain badminton. Salam Sobat Badminton!