Strategi Pertahanan Dalam Permainan Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang asik dan menyehatkan tubuh. Tujuan dari permainan ini adalah untuk meraih poin sebanyak mungkin dengan menempatkan shuttlecock pada wilayah permainan lawan. Seorang pemain bulutangkis yang memiliki kelebihan dalam daya tahan dan teknik pertahanan yang bagus perlu menguasai strategi khusus untuk bisa memenangkan pertandingan.
Bentuk strategi dan taktik permainan bulu tangkis sendiri dibagi menjadi menjadi strategi bertahan dan menyerang.

Kompas.com, dilansir dari situs The Badminton Guide, ada enam bentuk pengembalian kok sebagai bentuk pertahanan dalam permainan bulu tangkis.

1) Low parallel defense :
Bentuk pengembalian atau pertahanan low parallel defense dilakukan dengan mengembalikan bola hasil smash pemain lawan dengan pukulan paralel atau sejajar.

2) Low crosscourt defense :
Cara bertahan dengan low crosscourt defense bertujuan mengarahkan bola hasil pukulan lawan secara menyilang menuju bidang permainan lawan.

3) Middle parallel defense :
Dengan menggunakan taktik middle parallel defense, seorang pebulutangkis berupaya menempatkan bola ke tengah lapangan permainan lawan dengan arah sejajar.

4) Middle crosscourt defense
Tujuan cara bertahan dengan taktik middle crosscourt defense adalah mengembalikan bola dengan arah menyilang ke bagian tengah lapangan lawan.

5) High parallel defense
Pengembalian bola searah sejajar menuju bagian belakang wilayah permainan lawan disebut sebagai taktik high parallel defense.

6) High crosscourt defense
Cara bertahan dengan pengemnbalian high crosscourt defense memiiki tujuan mengarahkan kok menyilang ke bagian belakang wilayah permainan lawan.