Jenis-jenis raket pada olahraga bulutangkis

Olahraga bulutangkis sudah sangat digemari oleh orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ada yang harus dipersiapkan sebelum memainkan bulutangkis yaitu shuttlecock, raket. Raket adalah satu alat yang utama dalam olahraga bulutangkis, karena tanpa raket kita tidak dapat bermain bulutangkis dan memukul, tetapi orang jarang mengetahui bahwa raket pada bulutangkis memiliki banyak jenisnya.

Pada dasarnya jenis raket dibagi menjadi 3, berdasarkan tingkat keseimbangannya yaitu head-heavy, head-light, dan even-balance. Selain berdasarkan keseimbangan ada juga jenis raket berdasarkan bentuk kepala, genggaman, dan beratnya. Berikut jenis-jenis raket pada olahraga bulutangkis berdasarkan tingkat keseimbangannya :

1.Raket head-heavy

Raket jenis head-heavy adalah raket yang lebih berat di bagian kepalanya. Jenis raket ini cocok bagi pemain yang mengandalkan power atau kekuatan. Bagi pemain yang memiliki kekuatan otot lengan dan pergelangan yang kuat, cocok menggunakan raket jenis ini. Sebab, hal tersebut membantu pada kerasnya pukulan smash yang dihasilkan.

  1. Raket head-light

Raket jenis ini memiliki bobot yang lebih berat ke arah pegangan sehingga menghasilkan kepala yang lebih ringan. Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan English Grip pada Bulu Tangkis? Raket berjenis head-light cocok bagi pebulu tangkis yang memiliki gaya bermain menyerang dan cepat.

  1. Raket even-balance

Jenis raket even-balance memiliki keseimbangan berat di bagian atas dan bawah. Raket jenis ini menawarkan kekuatan yang cukup di belakang dan kemampuan manuver yang baik saat dibutuhkan. Ukuran raket yang seimbang sangat cocok untuk pemain bulu tangkis yang bertipe bertahan.

Selain berdasarkan tingkat keseimbangannya, jenis raket juga ada berdasarkan berat, seperti contohnya ada 4U = 80-84 gram, 3U = 85-89 gram, 2U = 90-94 gram, 1U = 95-100 gram. Pada setiap jenisnya akan di beri code huruf ā€œUā€.

Kesimpulannya pada olahraga bulutangkis ada beberapa yang harus kita siapkan selain mencari lapangan, yaitu raket, shuttlecock, dan lainnya. Tetapi masih banyak orang yang membeli atau mempersiapkan alat-alat tersebut dengan tidak mengetahui bahwa adanya berbagai jenisnya. Contohnya raket mempunyai banyak jenis dari tingkat keseimbangannya, berat, bentuk kepala raket, dan genggamannya.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Mochamad Sadheli (2022, Januari 29). Jenis dan Tipe Raket Bulu Tangkis. https://www.kompas.com/sports/read/2022/01/29/12000068/jenis-dan-tipe-raket-bulu-tangkis

Muhammad Dikdik. (2022). Inilah Jenis-Jenis Raket Badminton yang perlu Diketahui. https://bacaterus.com/jenis-raket-badminton

 

 

Tommy