Olahraga Badminton Ternyata Juga Bagus untuk Kecerdasan Otak

Olahraga Badminton Ternyata Juga Bagus untuk Kecerdasan Otak

 

Pada dasarnya olahraga  baik untuk fisik dan mental manusia  tapi tenyata ada penilitian menyatakan bahwa olahraga badminton baik untuk kecerdasan otak. Tim peneliti Jepang yang dipimpin oleh Shinji Takahashi dari Tohoku Gakuin University mengatakan badminton menuntut kemampuan pengambilan keputusan dan koordinasi pemain. Otak harus berpikir cepat memprediksi arah kok dan postur tubuh yang sesuai untuk memukulnya. Laporan dalam jurnal PLOS One melihat data tes kognitif dari sekitar 20 responden orang dewasa mengalami peningkatan setelah mereka bermain badminton selama 10 menit. Tes melibatkan para responden untuk mencocokkan kata-kata dengan gambar. Sebagai kontrol para responden juga diminta untuk lari di treadmill.
“Tuntutan kognitif dalam olahraga badminton dapat mengaktifkan daerah otak yang berkaitan dengan fungsi eksekutif,” tulis peneliti seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (9/9/2019).
“Kami menyimpulkan bahwa efek besar badminton terhadap fungsi eksekutif otak adalah karena olahraga ini menuntut kemampuan kognitif untuk memainkannya,” lanjut peneliti.
Terakhir peneliti menyebut masih perlu studi lebih jauh untuk memastikan bahwa efek sama juga terjadi pada orang-orang yang latihan badminton jangka panjang.

Menurut aku penelitian yang dilakukan tersebut ada benarnya karena secara keseluruhan bermain badminton tidak hanya fisik dan teknik dasar saja tapi kecerdasan juga sangat penting  seperti membaca arah datangnya bola membaca dan analisis gaya permainan lawan dan strategi yang digunkan untuk mengalahkan lawan.

Sumber: Detik Health