Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus (LDKCP) 2023: High Solidarity with a Sense of Trust

Jakarta – Indonesia. Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus atau yang biasa disebut LDKCP ini menjadi salah satu program kerja internal UKM B-preneur yang dilaksanakan pada Jumat, 14 Juli 2023. Program Kerja ini bertujuan untuk mempersiapkan calon pengurus B-preneur selanjutnya pada periode 2024-2025. Program kerja LDKCP 2023 ini bertema “High Solidarity with a Sense of Trust” yang dilakukan secara offline di kampus BINUS Alam Sutera. Alasan dari memilih tema tersebut untuk program kerja LDKCP ini karena tentunya setiap organisasi perlu untuk memperhatikan seberapa besar solidaritas mereka dan melihat seberapa besar rasa kepercayaan mereka terhadap rekan-rekannya. Dengan menjunjung tinggi rasa kepercayaan serta solidaritas antara rekan mahasiswa, maka suatu pekerjaan akan mudah untuk dilaksanakan, dapat meningkatkan kenyamanan dan produktivitas untuk bekerja, serta dapat mengurangi resiko gangguan mental yang dikarenakan stress berat karena tidak memiliki rekan yang dapat dipercaya. 

 

Rangkaian acara LDKCP 2023 ini dimulai dengan sesi talkshow bersama dua alumni B-preneur, yaitu Franky Van Wis Lee yang biasa di panggil Franky dan Szasza Gusmantara yang biasa dipanggil Szasza. Sesi Talkshow ini mengundang alumni dari B-preneur karena pada alumni Franky sedang melakukan magang di perusahaan Global FMCG sehingga Franky dapat memberikan apa saja keuntungan dari mengikuti B-preneur dan membagikan tips bagaimana cara untuk dapat diterima di perusahaan Global FMCG. Sedangkan alumni Szasza telah merintis karirnya hingga menjadi founder of Caribbe Cafe, sehingga alumni Szasza dapat memberikan informasi kepada calon pengurus bagaimana cara bisnis dapat beradaptasi di situasi saat ini terutama dengan membuka bisnis yang memiliki kompetitor sangat banyak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan pada sesi talkshow ini dari alumni Franky menyebutkan bahwa “mengikuti serta aktif berkontribusi dalam program kerja B-preneur yang ia sukai dapat membantunya untuk memasuki perusahaan global FMCG”, sedangkan alumni Szasza menyebutkan bahwa “B-preneur telah memberikan ia wawasan untuk berbisnis serta komunikasi yang luas”. Sesi talkshow ini diakhiri dengan memberikan plakat kepada kedua alumni B-preneur. 

 

Rangkaian selanjutnya yaitu penyampaian materi B-preneur yang dilakukan oleh para pengurus. Rangkaian penyampaian materi B-preneur ini telah menyampaikan apa saja keuntungan menjadi pengurus dan menjelaskan apa saja pekerjaan yang dilakukan para pengurus sesuai dengan jabatan dan divisi yang mereka duduki saat ini. Setelah penyampaian materi B-preneur selesai, maka para aktivis dapat mengisi formulir untuk pendaftaran calon pengurus sesuai divisi dan jabatan yang ia inginkan, diiringi dengan ISHOMA. Setelah ISHOMA selesai, acara ini akan dilanjutkan dengan 3 games yaitu Games Mencari Barang & Steal the Name, Games Kekompakan, dan Games Balap Sarung. Dengan adanya rangkaian games ini bertujuan agar para aktivis dapat melatih solidaritas mereka dan memperluas hubungan mereka dengan aktivis lainnya sehingga para aktivis dapat termotivasi untuk lanjut menjadi pengurus karena telah mendapatkan kepercayaan dari aktivis yang ia kenal. Setelah games berakhir, maka akan diumumkan pemenang games dengan memberikan e-wallet hingga Rp. 750,000 dan dilanjut dengan sesi dokumentasi serta ceremonial yang dilakukan dengan menandatangani lalu menulis kesan pesan dari kegiatan di banner yang telah disediakan agar dapat diabadikan. Setelah rangkaian ceremonial selesai, maka acara telah berakhir dan ditutup dengan mengingatkan para aktivis untuk mendaftarkan dirinya menjadi pengurus 2024. 

 

Ditulis oleh:
Mutiah Munawar
Project Manager at LDKCP 2023