Hal-Hal yang Perlu Dihindari oleh Wirausahawan dalam Menjalankan Bisnisnya

Kewirausahaan adalah suatu perilaku atau kemampuan untuk mengatur sebuah usaha dan memberikan ciri khasnya untuk memikat para konsumen dan akan mendapatkan keuntungan dalam aktivitas jual-beli tersebut. Tujuan kewirausahaan itu sendiri adalah meningkatkan jumlah wirausahawan yang berkualitas dengan mempekerjakan sumber daya manusia untuk membantu bisnisnya, mensejahterakan masyarakat dengan membuka banyak lapangan pekerjaan, hingga menumbuhkan kesadaran akan kewirausahaan di kalangan masyarakat. Wirausahawan itu sendiri adalah pebisnis yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki sehingga usahanya akan berjalan secara efektif dan efisien. Dalam berbisnis, pasti ada hal yang perlu dilakukan guna mensukseskan suatu bisnis dan ada juga hal lainnya yang dapat mengganggu kesuksesan suatu bisnis. Nah, pada kali ini kita akan membahas hal-hal apa saja yang perlu dihindari oleh wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya.

Hal-hal yang perlu dihindari oleh wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya yaitu:

  1. Salah Memilih Rekan Kerja
    Memulai bisnis dengan teman dekat atau seseorang yang kita percayai pasti akan membuat segalanya lebih mudah. Apalagi dalam proses ini, kegiatan bisnis tidak selalu berjalan lancar, seperti yang kita inginkan. Ketika ini terjadi, kita dan rekan-rekan kita akan dapat saling mendukung dan menginspirasi. Oleh karena itu, penting untuk memilih mitra yang tepat untuk menghindari kerugian finansial dan memastikan keberlanjutan bisnis yang sedang dibangun.
  2. Suka Menunda dan Mengabaikan Peluang Yang Ada
    Seorang pengusaha sukses tidak pernah menunda-nunda dan memiliki keberanian yang kuat untuk segera membenamkan dirinya dalam dunia bisnis. Pada titik tertentu, kita harus siap untuk mengambil tindakan kapan saja, di mana saja. Oleh karena itu, sebagai seorang pengusaha, jangan pernah takut dan cenderung pasif menunggu waktu yang tepat untuk sukses di dunia bisnis. Ketika kita memiliki kemauan dan niat untuk memulai, setiap saat adalah benar. Beranilah mencuri start sedini mungkin dan berani mengambil risiko, karena pada dasarnya ada pelajaran yang sangat baik dan kita bisa belajar dari risiko yang kita hadapi untuk keesokan harinya.
  3. Tidak Mudah Menyerah dalam Kegagalan
    Saat berbisnis, kehadiran risiko kegagalan menjadi salah satu bumbu penting. Meskipun tidak terpengaruh oleh risiko ini, banyak perusahaan menggunakan kegagalan sebagai batu kecil untuk kesuksesan yang akan mereka capai. Oleh karena itu, menjadi pengusaha sukses yang potensial tidak pernah menyerah dengan cepat dan mengubah kegagalan menjadi salah satu motivator spiritual untuk kesuksesan kita di dunia bisnis.
  4. Pengelolaan Keuangan Dengan Tidak Rapi
    Salah satu aspek bisnis yang harus dipantau pemilik secara teratur adalah pembiayaan, seperti piutang, faktur vendor, arus kas.  Untuk memberikan informasi tentang akumulasi barang untuk menjualnya kepada konsumen, perlu untuk melakukan kontrol. Selain itu, bahkan jika posisi pada saldo kas masih cukup, atau bahkan berlebihan, penting untuk memastikan bahwa Organisasi tidak bocor dan terlewatkan. Jika manajemen keuangan terlaksana dengan bijaksana, perusahaan dapat berjalan dan berfungsi dengan baik.
  5. Tidak Memprioritaskan Hal yang Seharusnya Diprioritaskan
    Jika keinginan kita adalah untuk berhasil menjadi wirausahawan di usia muda, maka sangat penting untuk membagi waktu dan hal-hal menjadi lebih banyak bagian dan menjadi prioritas. Catat semua kegiatan yang harus segera selesaikan dan dilakukan setiap hari, kemudian lakukan secara teratur, disiplin dan konsisten. Hindari perilaku yang tidak berguna dan habiskan terlalu banyak waktu untuk menghambat pertumbuhan bisnis kita.

Itulah 5 hal utama yang harus dihindari oleh seorang wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya. Jadi, setelah mengetahui hal hal tersebut apakah kamu adalah salah seorang yang melakukan salah satu hal di atas atau malah keseluruhannya? Nah, jika sudah mengetahuinya, akan lebih baik langsung diterapkan. Perlu diketahui bahwa salah langkah dalam berbisnis dapat berdampak buruk bagi keberlangsungan bisnis milikmu, loh! Yuk, hindari 5 hal di atas agar bisnismu berjalan dengan lancar!

 

Referensi :

Winastya, K. P. (2020, July 9). 5 Tujuan Kewirausahaan, Ketahui Prinsip-Prinsipnya. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/trending/5-tujuan-kewirausahaan-ketahui-prinsip-prinsipnya-kln.html

Isabella, C. (2020, April 29). Hal-Hal yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis – Jenius. Jenius. https://www.jenius.com/highlight/detail/hal-hal-yang-harus-dihindari-saat-memulai-bisnis. 

BisnisUKM, R. (2019, December 2). 5 Hal Penting Yang Harus Dihindari Pengusaha.

BisnisUKM. https://bisnisukm.com/5-hal-penting-yang-harus-dihindari-pengusaha.html

T. (2021, April 8). 13 Karakter yang Wajib Dihindari Seorang Wirausaha. Tempo. https://gaya.tempo.co/read/1450388/13-karakter-yang-wajib-dihindari-seorang-wirausaha