Sumber-sumber Modal dalam Berwirausaha

Bagi seseorang yang ingin memulai usahanya, modal merupakan salah satu hal yang terpenting dalam menyiapkan bisnisnya. Walaupun ada yang mengatakan bahwa bisnis tidak selalu terpaku pada modal, tetapi pada kenyataanya, bisnis akan sulit diwujudkan jika kita tidak memiliki modal usaha. Dalam mencari modal, ada beberapa sumber untuk mendapatkannya, mulai dari modal pribadi hingga meminjam kepada bank. Jika ingin menggunakan modal bisnis secara pribadi, kita bisa mengalokasikan dana pribadi yang kita sisihkan untuk merintis bisnis kita. Jangan sekali kali kita menggunakan dana kita untuk memulai bisnis jika dana tersebut masih dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pribadi atau keluarga. Karena jika kita memaksakannya, kita bisa saja tidak bisa memenuhi kebutuhkan kita sehari hari, jika mau, kita bisa menabungnya terlebih dahulu atau memasukannya ke reksadana, kemudian, jika dana sudah dirasa mencukupi, baru kita dapat menggunakan dana tersebut untuk memulai bisnis kita.

Selain menggunakan dana pribadi, kita juga bisa meminjam modal kepada keluarga kita yang lain, kerabat, atau teman. Meminjam modal kepada orang yang kita kenal juga terkadang lebih ringan jika dibandingkan kita meminjam kepada suatu bank atau lembaga pinjaman lainnya. Karena jika kita meminjam kepada orang yang kita kenal, biasanya mereka tidak meminta uang tambahan atau bisa disebut bunga pinjaman. Jadi kita sebagai peminjam modal tidak akan keberatan.

Disisi lain, jika kita ingin mendirikan bisnis bersama teman kita, keluarga, atau orang lain, kita bisa meminta mereka untuk berinvestasi dalam bisnis yang akan kita jalankan. Dengan begitu, bisnis yang kita buat tidak perlu mengembalikan dana, melainkan membagi pendapatan dari hasil pendapatan bisnis kita. Walaupun terdengar cukup menguntungkan, kita harus membuat semua hal jelas dalam pembagian keuntungan. Karena jika serba tidak jelas, akan muncul masalah yang cukup serius, seperti ada yang meminta persenan yang lebih tinggi dan semacamnya.

Modal yang didapatkan dari pinjaman Bank. Mendapatkan modal dari melakukan pinjaman merupakan hal yang bisa dibilang umum dan sering kita jumpai untuk para pembisnis yang ingin mendapatkan modal tentunya dengan memperhatikan bunga pinjaman yang harus simulasikan sejak awal sebelum memutuskan untuk meminjam modal pada bank. kita dapat mengajukan pinjaman ke beberapa produk pinjam tunai seperti KTA (Kredit Tanpa Agunan) dan KMG (Kredit Multi Guna) dengan menggunakan hal ini proses peminjaman tunai akan lebih mudah dikarenakan prosesnya dilakukan secara  Online.

Modal yang didapatkan melalui pinjaman Online yang disediakan pada aplikasi tertentu. Pada saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi terpercaya yang menawarkan banyak fitur untuk mendukung pengusaha-pengusaha salah satunya dengan menawarkan pinjaman modal online dengan syarat yang mudah dan cepat dalam memproses pencairan dana dalam kurun waktu 1 X 24 jam hingga 2 X 24 jam. namun terdapat kekurangan dalam hal ini yaitu jumlah nominal peminjaman yang relative lebih kecil. Pemilihan sumber modal haruslah sesuai dengan kebutuhan, terencana, teliti, serta mengetahi batasan-batasan kemampuan pembayaran pinjaman, demi berjalannya bisnis dengan baik.

Akio Rahmat Shigeno
Divisi Information Media Alam Sutera