Peluang Membuka Gerai Kuliner Nusantara

Apakah Anda tertarik membuka gerai kuliner? Modal utama bagi mereka yang ingin memulai usaha ini adalah memiliki mental untuk bertahan. Sebab, saat awal membuka gerai merupakan masa untuk menjaring pelanggan. Jangan berharap keuntungan mengalir deras.
Belajar dari pengalaman banyak orang membuka cabang-cabang yang baru, paling tidak membutuhkan waktu hingga dua tahun bagi sebuah gerai baru untuk beroperasi dengan baik. Setahun pertama merupakan masa promosi bagi gerai. Dan pada tahun kedua, mereka bisa menemukan para pelanggan. Karena itu, modal usaha yang disiapkan seharusnya bisa menutup berbagai biaya yang muncul selama waktu menjaring pelanggan. Paling tidak dari tempatnya saja. Jika menyewa, lebih baik langsung selama dua tahun. Nah, terkait besaran modal yang menarik, usaha kuliner bisa dimulai dari modal berapa saja. Anda bisa memulai dari kelas gerobak jika modal terbatas, hingga membuka gerai di pinggir jalan atau mal ternama. Jika modal sangat terbatas, Anda bisa merintis dengan menata kursi, meja dan perlengkapan lainnya di teras rumah.

Lebih jauh, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin memulai usaha kuliner:

  • Lokasi
    Lokasi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kesuksesan usaha, termasuk dalam usaha gerai kuliner. Letak gerai yang strategis merupakan kunci untuk mudah dikenal. Namun, lokasi yang kurang strategis juga tidak akan menghalangi bisnis Anda. Asalkan, sajian yang Anda tawarkan benar-benar memikat lidah konsumen. Maklum, banyak orang memburu sebuah kedai yang menawarkan sajian yang unik dan khas, biar pun lokasinya di tengah perkampungan.
  • Jenis masakan
    Ada banyak kuliner nusantara, yang memiliki penggemarnya masing-masing. Untuk memulai sebuah kedai, Anda harus mempunyai satu menu masakan andalan untuk merebut perhatian pengunjung. Ambil contoh misalnya ketika Nani pertama kali membuka warung, sajian ayam dengan tulang lunak merupakan andalannya. Selain itu, hingga sekarang, Nani masih mempertahankan ukuran besar untuk tiap-tiapĀ  potong ayam. Selain punya masakan andalan, kualitas produk pada usaha kuliner juga ditentukan dari citarasa masakan untuk mengundang pelanggan kembali datang. Cita rasa lezat ini tak hanya datang dari sang juru masak dalam meracik dan mengolah masakan dengan tepat, tapi juga dari bahan baku yang dipakai. Usahakan untuk memakai bahan baku berkualitas atau segar. Karena itu pula, Nani memiliki tukang potong ayam sendiri. Selain untuk mendapatkan produk yang segar, dengan tukang potong sendiri dia bisa memilih ayam yang benar-benar sehat. Karena dua hal ini sangat berpengaruh pada cita rasa dan tekstur
  • Layanan
    Konsumen menengah yang terus bertambah, menjadi pasar potensial bagi usaha kuliner. Kondisi ini akan berpengaruh pada layanan atau servis yang harus Anda berikan, terutama, jika Anda memang mengincar pasar itu. Anda pun harus membangun suasana yang nyaman dan bersih di kedai Anda. Begitu pula, layanan yang diberikan oleh para pramusaji. Ramah, sigap dan penyajian yang cepat bisa menjadi nilai tambah.
  • Promosi
    Hampir semua usaha membutuhkan promosi. Begitu pula dengan usaha kuliner, promosi mutlak dilakukan. Meski Anda mampu menyajikan makanan yang enak, jika tak ada upaya promosi, mustahil orang menyadari produk Anda. Promosi bisa ditampilkan lewat gerai Anda, yakni dengan memasang papan nama yang besar menarik. Berikutnya, Anda bisa membagi brosur ke lingkungan sekitar. Di era internet, Anda jangan melupakan upaya promosi via media sosial. Apa saja media sosialnya ? yaitu Facebook, Twitter dan lainnya, merupakan media promosi paling efektif. Sebagai contoh KTM juga pernah berpromosi melalui BlackBerry Messenger, dengan memberikan potongan 10% bagi mereka yang memasang promosi KTM sebagai foto profilnya.

Apakah sekarang anda sudah siap membuka gerai kuliner ?

Resources

https://www.kompas.com/skola/read/2020/09/14/124033569/peluang-bisnis-makanan-khas-daerah-yang-menarik-untuk-dikembangkan?page=all

 

Stevanny Jerryca Indrawan
Divisi Information Media Kemanggisan