Penanganan Virus Corona di Indonesia

  • Apa Itu Covid-19?

Saat ini Covid-19 atau yang lebih kita kenal dengan corona virus sudah menyebar keberbagai negara didunia dan Indonesia adalah salah satunya. Covid-19 menjadi Global Public Health Emergency oleh World Health Organization (WHO) dan telah merusak perekonomian negara karena aktivitas perekonomian terpaksa berhenti untuk sementara. Corona virus adalah penyakit baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia, dimana penelitian terkait penyakit ini masih sedikit. tentang perawatan dan pengobatannya. Jenis virus ini dapat menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Pemerintah memiliki peran penting saat ini untuk melawan virus ini dan mengembalikan perekonomian negara seperti sedia kala.

  • Apa Tindakan Pemerintah Indonesia?

Tindakan dan antisipasi yang telah dilakukan pemerintah untuk menuntaskan virus covid-19 ini adalah menerapkan Pematasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diakibatkan faktor ekonomi  karena kalau pemerintah memilih  jalur lockdown,  maka  bisa  berimbas  pada aspek ekonomi negara dimana akan berkurangnya atau tidak  adanya  pendapatan negara  di  bidang pariwisata, berkurangnya atau tidak adanya pendapatan negara dari sisi pajak perusahaan, berkurangnya atautidak  adanya  pendapatan  negara  di  bidang  ekspor barang  ke  negara  lain,  dan bertambahnya pembiayaan kehidupan rakyat.

  • Apakah Sudah Tepat Menerapkan PSBB diIndonesia?

Dilihat dari data jumlah kasus pasien covid-19 pemerintah Indonesia, pemerintah telah berhasil mengurangi angka tersebut namun belum tentu berhasil sepenuhnya karena seperti yang kita lihat sekarang pemerintah sudah melonggarkan PSBB dan juga masyarakat sudah cenderung bosan dengan peraturan PSBB yang tinggal dirumah saja menyebabkan pada saat ini jumlah kasus pasien covid-19 terus meningkat tinggi dari hari sebelumnya.

  • Apakah Langkah Selanjutnya Yang dilakukan Pemerintah Menuntaskan Covid-19?

Yang kita ketahui bahwa imbas dari covid-19 ini mempengaruhi perekonomian negara. Pemerintah mempunyai kebijakan baru bahwa pegawai perkantoran di bawah 45 tahun mulai diwajibkan bekerja di kantor. dalam kebijakan baru tersebut pemerintah seperti melakukan Herd Immunity secara perlahan kepada masyarakatnya.

  • Apa itu Herd Immunity?

Secara mudahnya herd immunity adalah membiarkan virus corona masuk ketubuh manusia dan sembuh dengan sendirinya dengan begitu tubuh akan membentuk antibodi baru untuk melawan virus corona dan tidak menyebarkan virus corona kelainnya. Dampak positif dari Herd Immunity ini adalah pandemi akan cepat berakhir, akan terbentuk manusia baru yang lebih kebal beradaptasi dengan penyakit baru, perekonomian dapat berjalan lancar. Dampak negatif dari Herd Immunity adalah akan kehilangan penduduk hamper separuh juta jiwa, kematian massal, rumah sakit akan kewalahan.

  • Bagaimana Menjadi Salah Satu Bagian Dalam Herd Immunity?
  1. Rubah gaya hidup, rajin olahraga, makan sehat
  2. Rubah Lingkungan menjadi lingkungan yang sehat dan bersih
  3. Berdoa dan ikhtiar

Sources: Arum, R. (2020). Pembatasan Sosial Di Indonesia Akibat Virus Corona Ditinjau Dari Sudut Pandang Politik.