Dapet Uang Jajan Tambahan Dengan Bisnis Nusantara?

Mahasiswa dari jurusan manapun pastinya ingin memiliki suatu bisnis yang dapat memberikan penghasilan tambahan. Ternyata untuk mendapat penghasilan tambahan yang dapat dipakai untuk keperluan mahasiswa bisa didapat dengan membuka bisnis kecil-kecil. Tetapi pernahkah kita berpikir bahwa bisnis yang bernuansa nusantara ternyata dapat sekaligus menjadi kontribusi kita untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Indonesia lho. Bisnis kecil-kecil tersebut terdiri dari membuka online shop, menjadi reseller atau dropshipper, dan membuka bisnis jasa.

Membuka online shop

Jaman sekarang, online shopping memang sangat sering ditemui, terutama di kondisi COVID19 yang memaksa pembeli untuk membeli keperluannya secara online. Kamu dapat menggunakan kesempatan ini untuk membuka online shop. Apalagi dengan terdapatnya marketplace yang bervariasi, kamu dapat membuka toko online dengan mudah dan gratis untuk mendaftar di beberapa marketplace tersebut. Dengan online shop tersebut, kamu dapat menjual berbagai jenis barang, mulai dari fashion batik modern maupun tradisional, stationery yang bertemakan batik atau budaya Indonesia lainnya yang dapat dimanfaatkan sekaligus dilestarikan.

Menjadi reseller atau dropshipper

Menjadi reseller atau dropshipper merupakan bisnis yang paling mudah, karena sebagai reseller maupun dropshipper hampir tidak membutuhkan modal. Karena saat melakukan dropshipper atau reseller, kamu hanya mencari pembeli dan mempromosikan produk dari produsen tersebut. Jika ada yang ingin membeli, maka pembeli tersebut akan membeli lewat reseller atau dropshipper tersebut. Dengan hal itu, kamu dapat mempromosikan barang-barang atau souvenir-souvenir dari Indonesia pada toko tertentu yang menjual dan tentunya menerima reseller dan dropshipper.

Membuka bisnis jasa

Bisnis jasa ini merupakan salah satu bisnis yang menggunakan jasa yang kamu miliki. Contohnya jika kamu memiliki kemampuan untuk menerjemahkan sesuatu dengan baik, kamu dapat membuka bisnis menjadi translator. Jika kamu memiliki kemampuan untuk menggambar atau mendesain sesuatu dengan baik, kamu dapat membuka bisnis desain atau apa pun yang sesuai dengan hobimu dan dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyalurkan bakat.

Menjadi seorang pebisnis tentunya menjadi hal yang baik untuk mahasiswa, tetapi saat melakukan hal bisnis, kita juga dapat melestarikan budaya Indonesia lewat bisnis nusantara. Bisnis nusantara dapat dimulai dari seperti menjual baju bernuansa daerah, atau menjadi dropshipper untuk souvenir dan jajanan Indonesia menggunakan online shop atau dapat juga membuka bisnis jasa yaitu menjadi translator berbahasa Indonesia-Asing, juga dapat memperkenalkan wisatawan bagaimana berbahasa Indonesia sehari-hari, atau membuka bisnis jasa yang menawarkan jasa travel and tour untuk mereka yang ingin mengunjungi Indonesia pada daerah tertentu khususnya pelanggan dari kewarganegaraan asing.

Referensi:

https://lifepal.co.id/media/bisnis-mahasiswa/

 

Eugenia Angelita
Divisi Public Relation Alam Sutera