Berkain Bisa Jadi Potensi Bisnis?

Pecinta fashion tentunya harus selalu up-to-date dengan tren yang sedang on going di dunia. Busana Indonesia salah satunya kain batik, sudah tak asing lagi dikuping karena sudah dikenal secara mancanegara. Kain batik ini merupakan identitas dan warisan budaya bangsa Indonesia yang tentunya tidak kalah keren dengan tren Barat. Seiring perkembangan zaman, model dan jenis kain ini semakin beragam serta gaya kainnya dapat diatur sesuai dengan preferensi kita sendiri.

Tahun ini, kain Indonesia viral dengan hashtag berkain. Bersama hal ini, telah dibuktikan bahwa busana tradisional bisa kembali menjadi tren fashion yang digemari banyak pemuda Indonesia. Tren ini ramai diikuti remaja tanpa melihat gender spesifik, laki-laki maupun perempuan, keduanya bisa berpartisipasi dalam tren #berkain ini. Selain melestarikan budaya Indonesia, kreativitas anak bangsa juga dapat dilihat dari styling kain dengan baju sehari-hari yang unik, contohnya seperti dijadikan rok lilit yang umumnya digunakan sebagai outfit kondangan.

Melihat tren positif ini, tentunya dapat dijadikan sebuah peluang bisnis di Indonesia. Berbisnis kain di Indonesia tentunya sudah umum dan persaingannya cukup ketat. Tetapi jika dilengkapi dengan branding yang trendy serta kreatif anda dapat menarik konsumen muda yang tak mau ketinggalan zaman dengan terus mengikuti tren yang sedang berkembang.

Teknologi dan platform sosial media memungkinkan siapa saja untuk mempromosikan produk mereka. Penjualan melalui internet sangat efektif jika anda memahami produk yang anda jual serta target market yang anda tuju. Berbagai media pemasaran online pada saat ini dapat anda gunakan secara gratis, atau anda juga bisa membangun website menarik untuk bisnis kain anda. Tentunya semua koleksi kain yang anda jual harus ditata dengan rapi dan terlihat “estetik” agar bisnis anda dipandang berkompeten oleh konsumen. Dengan media online ini, bisnis anda juga dapat terkenal sampai ke luar negeri, karena mudahnya akses internet pada era globalisasi saat ini.

Peluang bisnis kain ini sangat menjanjikan apabila dipersiapkan dengan matang. Dengan mepelajari kain-kain yang ada di Indonesia anda bisa mendapatkan pengetahuan lebih tentang budaya yang ada di Indonesia. Tak hanya itu anda juga berpartisipasi dalam melestarikan kain Indonesia yang cantik dan unik. Bagaimana? Menarik bukan peluang bisnis kain ini, selain menguntungkan dari segi ekonomi anda juga berpartisipasi dalam melestarikan budaya Bangsa Indonesia.

 

Jessica Marline Hermawan
Divisi Information Media Alam Sutera