Inovasi dan Kreatifitas dalam Pengembangan Bisnis Kuliner

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak daerah dengan kebudayaan yang berbeda-beda. Hal tersebut juga membuat Indonesia memiliki kuliner yang beragam, mulai dari Sabang sampai Marauke, setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing.

Banyaknya usaha dibidang kuliner sering kali membuat seseorang kehabisan ide. Namun, jika diulik lebih jauh, masih banyak hal yang bisa dikembangkan lagi dari segi keratifitas dan inovasinya. Baik itu dari segi packaging, jenis masakan yang akan dijual, pengembangan rasa dan tampilan makanan tersebut, dan hal lainnya. Sebagai contoh, bisa dengan menjual berbagai bumbu masakan basah siap pakai yang dikemas dengan rapi. Selain lebih memudahkan untuk para pemula, bumbu siap pakai tersebut juga bisa menghemat waktu memasak karena sudah tidak perlu lagi menyiapkan bumbunya dari awal. Selain itu, dengan kemajuan teknologi yang pesat, saat ini berbagai masakan basah bisa dijadikan dalam bentuk frozen. Sehingga, makanan tersebut bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama dan juga bisa dilakukan penjualan ke berbagai daerah di Indonesia, atau bahkan luar negeri.

Meskipun banyak proses pembuatan makanan yang bisa dibilang mudah, tetapi tidak semua orang bisa dan memiliki waktu untuk sekedar membuatnya. Apalagi untuk masakan yang membutuhkan skill memasak lebih sulit. Rata-rata mereka cenderung lebih memilih untuk membeli makanan yang sudah jadi, daripada harus membuatnya dari awal. Terutama untuk masyarakat dengan aktivitas yang padat dan tidak memiliki waktu lebih untuk memasak.

Selain itu, seperti yang kita ketahui saat ini bahwa tidak hanya cita rasa pada makanan yang dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk tersebut. Tetapi, packaging juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menjual suatu produk, karena sebelum customer mencicipi makanan, mereka akan lebih dulu melihat bentuk kemasannya. Sehingga, dengan packaging yang menarik, akan semakin banyak juga customer yang tertarik dengan produk yang dijual.

 Maka tidak ada salahnya untuk terus mengembangkan ide dan inovasi sekreatif mungkin. Karena, inovasi baru akan selalu dibutuhkan dalam menjalankan bisnis supaya bisa terus berkembang dan  menarik minat masyarakat.

 

Salsabilla Azzahra Putri
Divisi Public Relation Kemanggisan