Meraup Keuntungan Melalui Bisnis di Bidang Tradisional

Tahukah anda ternyata ada banyak peluang bisnis yang bisa kita coba melalui warisan tradisional negara Indonesia loh ! Mungkin kata tradisional terdengar kuno untuk kalangan anak muda di era globalisasi ini, namun siapa sangka para wirausahawan yang menekuni bisnisnya di bidang tradisional ternyata mendapat profit yang diluar dugaan.

Nah kali ini, mari kita lihat satu contoh peluang bisnis di bidang tradisional yatu bisnis sewa pakaian adat. Mungkin bagi para pembaca, bisnis ini terdengar klise, hanya menyewakan pakaian adat untuk mereka yang sedang butuh menggunakan pakaian tersebut. Namun pernakah kalian terpikirkan, berapa omset sehari sebuah bisnis pakaian adat saat menjelang hari-hari besar, contohnya peringatan HUT kemerdekaan. Mulai dari sekolah, perusahaan hingga instansi pemerintah ikut menyewa pakaian adat demi memeriahkan acara tersebut. Bahkan ada yang memprediksikan omsetnya mencapai ratusan juta. Bergerak kearah yang lebih digital, sewa pakaian adat pun dapat dilakukan melalui online. Bisnis sewa pakaian adat biasanya laris-manis hingga dapat meraup omset berjuta-juta pada hari-hari menjelang hari besar seperti Kartini, HUT RI, dan hari besar lainnya. Bisnis sewa pakaian adat ini cenderung sistemnya mereka menyetok dahulu ribuan set pakaian adat, setelah itu barangsiapa yang ingiin menyewa pakaian adatnya, maka akan diberikan sejumlah harga sewa dan harga jaminan, sehingga apabila dalam kurun waktu pakaian tersebut hilang/rusak, uang jaminan tersebut tidak akan dikembalikan oleh penyewa. Harga untuk pakaian anak dan dewasa pun berbeda.

Dari peluang bisnis diatas, dapat kita lihat ternyata melalui ketradisionalan Indonesia, ada banyak peluang yang dapat kita kembangkan menjadi bisnis, selain bisnis sewa pakaian adat, ada pula bisnis lain seperti bisnis alat music tradisional, bisnis makanan tradisional, dll. Akhir kata, tidak ada yang dapat membatasi seorang pengusaha untuk terus berkarya, penting untuk selalu mencari ide yang out of the box dan kritis dalam mencari peluang.

Source : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4665059/bisnis-sewa-pakaian-adat-laris-manis-bisa-raup-omzet-rp-100-juta

Jollyn Felixia
Divisi Public Relation Alam Sutera