Trial Member Class II (21 Januari 2014)

BIIBC (Binus Industrial & Information Business Club) mengadakan Trial Member Class yang kedua. Dalam sesi ini, Director of Education mengundang salah satu pembicara yaitu Fergyanto E. Gunawan, S.T., M.T., Dr.Eng yang merupakan dosen senior dari Binus University di bidang Teknik Industri dan juga masih menjenjang S3 (Doktor) bidang Production & System Engineering. Topik yang dibahas pada Trial Member Class kali ini adalah tentang bagaimana dapat memilih topik untuk Start up dan menjalankan Start up dengan benar untuk mencapai kapabilitas baik dalam dunia kerja maupun kompetisi Nasional maupun Internasional.

Dalam topik ini, yang mesti dipikirkan dalam membuat Start Up terbagi menjadi dua zona yaitu zona S1 (Sarjana) dan zona S2 (Master). Dalam zona S1 (Sarjana) yang perlu diperhatikan adalah penerapan dari salah satu mata kuliah atau beberapa mata kuliah yang diambil untuk dapat didemonstrasikan dan pada akhirnya dapat diimplementasikan. Misalnya pada jurusan Teknik Industri esensinya adalah Optimization, bagaimana cara suatu produk atau barang yang sangat banyak dapat berjalan dengan cepat dan bisa didistribusikan ke berbagai tempat yang berbeda dalam waktu yang singkat. Berikutnya, pada jurusan Sistem Informasi esensinya adalah bagaimana cara pelayanan dari manufacturer kepada consumer dapat terintegrasi satu sama lain dengan sistem berbasis Information Technology. Dan terakhir, pada jurusan Manajemen esensinya adalah bagaimana cara mengelola proses produksi sampai ke consumer dapat berjalan dengan seefektif dan seefisien mungkin tanpa adanya tahap-tahap, yang sudah ditentukan sebelumnya, yang terlewatkan. Dan nantinya ketiga esensi tersebut dapat terintegrasi satu sama lain demi tercapainya suatu Start Up yang sukses.

Contoh yang lebih spesifik dalam menjalankan Start Up adalah Public Transport. Jurusan Teknik Industri akan mempelajari serta melakukan penelitian bagaimana Public Transport bisa datang tepat waktu dan sesuai dengan jadwal dari satu halte ke halte berikutnya dengan perhitungan matematis. Jurusan Sistem Informasi akan membuat suatu sistem yang terintegrasi yang dapat menghubungkan Public Transport dengan halte tujuan agar konsumen yang menggunakan Public Transportation dapat melihat posisi saat itu dengan membuat aplikasi GPS berbasis Android. Serta jurusan Manajemen, akan melakukan Quality Control bagaimana Public Transportation bisa berjalan sesuai dengan target atau tujuan dari perusahaan Public Transport itu sendiri dan dapat memuaskan penggunanya.

Dari pembahasan topik pada Trial Member Class kedua ini dapat disimpulkan bahwa ketiga jurusan baik Teknik Industri, Sistem Informasi, maupun Manajemen saling berhubungan satu sama lain dalam membuat Start Up agar dapat meningkatkan integritas dan kredibilitas dari diri sendiri maupun team sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja nantinya dan juga berguna bagi member BIIBC untuk dapat menjalankan tugas sesuai dengan yang diharapkan.