PERALATAN YANG DIPAKAI DALAM SENI BELA DIRI ASAL JEPANG YAITU AIKIDO

Aikido merupakan salah satu bela diri asal Jepang yang sudah sangat dikenal di kalangan masayarakat saat ini melalui beberapa perantara yang tentunya dapat dikatakan tidak kalah terkenal dibandingkan dengan seni bela diri laiinya yang juga berasal dari negara yang sama. Aikido sering dikenal sebagai seni bela diri yang memfokuskan diri pada pertahanannya dan kebanyakan gerakannya tidaklah menyerang lawan melainkan bertahan dan menunggu lawan menyerang dan memanfaatkan hal tersebut untuk menyerang balik kepada lawan.  Namun, walau dikenal dengan seni bela diri bertahan akan tetapi di dalam bela diri ini juga ada beberapa peralatan yang biasanya juga dipakai untuk bertahan dari serangan lawan yang datang mengarah kepada kita.

Berikut beberapa perlatan Aikido yang sering digunakan dalam seni bela diri Aikido:

  1. Jo (Tongkat Kayu)

Jo merupakan salah satu peralatan seni bela diri Aikido yang berupa tongkat kayu dengan panjang sekitar 1,28m. Jo biasanya terbuat dari bahan kayu bengkirai. Jo juga biasanya digunakan dalam latihan berpasangan, baik itu dalam latihan pertarungan bersenjata maupun latihan tangan kosong melawan senjata tongkat (Jo dori).

  1. Bokken (Pedang Kayu)

Bokken merupakan salah satu peralatan Aikido yang juga sering digunakan dalam Aikdio itu sendiri. Bokken sebenarnya ditujukan untuk menjadi pengganti pedang katana dalam latihan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ketika sedang dalam latihan Aikido. Untuk jenis pedang Bokken sendiri, ada tiga jenis pedang dari tiga kayu berbeda, yaitu kayu bengkirai, kayu sonokeling, dan kayu sawo. Dalam Aikido, terdapat beberapa aliran khusus yang menjadikan Bokken sebagai alat untuk latihan berpasangan bahkan ada beberapa ahli aliran yang mengembangkan sendiri sistem beladiri senjata, seperti aikido dua pedang dari Mitsugi Saotome.

  1. Tanto (Pisau Kayu)

Tanto atau Pisau Kayu biasanya digunakan dalam latihan pertarungan berpasangan, yaitu Tori atau Dori. Istilah Tori atau Dori dalam Aikido berarti tangan kosong melawan senjata. Pada umumnya, Tnto digunakan untuk melatih teknik mengambil dan mempertahankan senjata.

Walaupun peralatan tersebut dikenal sebagai alat yang bertujuan untuk latihan dalam Aikido, akan tetapi Aikido lebih sering dikenal dengan bela diri tangan kosong (Taijutsu). Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa dasar dari Aikido merpakan gerakan kenjutsu atau ilmu pedang. Peralatan yang dulunya sering dipakai dalam Aikido sekarang dulunya untuk melukai atau membunuh seseorang. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka dipergunakan hanya untuk melatih gerakan Aikido senjata bukan untuk melukai atau membunuh seseorang seperti dulu. Hal ini juga merupakan prinsip dari sang pencipta Aikido sendiri yaitu O sensei yang membuat bela diri ini dengan tujuan memperbaiki dunia dan membuat manusia menjadi satu keluarga.

Sumber: