Tips Sebelum Melakukan Kegiatan Aikido atau Olahraga Lainnya

Aikido secara umum adalah olahraga yang berbasis spiritual dalam bentuk seni bela diri, sama seperti jenis olahraga lainnya, tentunya kita dapat mengalami cedera atau kecelakaan ketiga olahraga itu berlangsung. Oleh karena itu, berikut tips atau saran yang kita dapat lakukan ketika berolahraga.

Sumber gambar: https://aikidodaily.blogspot.com/2019/05/aikido-taisho-pemanasan-aikido.html

Seperti yang kita sudah tahu, olahraga memang baik untuk kesehatan kita, apalagi latihan bela diri, bisa ‘menumbuhkan otot’ dan rasa memuaskan bagi yang melakukannya, khususnya Aikido. Kita tentu harus biasakan diri dulu sebelum melakukan olahraga yang berat. Oleh karena itu, tips pertama seharusnya diketahui sebagai “pilihlah olahraga yang kamu bisa”.

Mengapa sih penting untuk pilih olahraga yang kita bisa? Ya karena jika olahraga itu tidak sesuai dengan kondisi fisik kita atau kita tidak berkomitmen, bisa sia-sia segala perjuangan kita dan akhirnya kena cedera. Tentunya setiap orang berbeda-beda dalam menyikapi kondisi fisik mereka. Semua itu tergantung dengan kitanya saja, apakah kita betul-betul berkomitmen? Kalau iya, tetaplah berjuang untuk meningkatkan fisikmu!

Tips kedua, “jangan memaksakan diri berolahraga ketika sedang sakit atau enggak fit”, mengapa? Pada umumnya memang kita pernah melihat orang berolahraga ketika sakit? Tentunya ini tergantung dengan kiatnya sakit apa.

Menurut Spesialis penyakit menular di Universitas California, San Fransisco, penyakit flu dan batuk tidak akan menimbulkan efek kesehatan yang begitu besar pada orang sakit, melakukan olahraga ringan pun diperbolehkan, kecuali olahraga berat seperti Aikido itu jangan. Jadi yang tahu badan kamu adalah kamu sendiri. ‘Berolahraga ketika kita mampu biar terhindar cedera’.

“Janganlah berlebihan dalam berolahraga” itulah tips yang ketiga. Seperti yang kita tahu, olahraga itu kan baik untuk kesehatan, tapi tidak bakal efektif kalau badan kita enggak diberikan istirahat yang cukup setiap harinya. Mengapa? Pertama kita pasti Lelah kalau berolahraga dari pagi, siang, sore, plus malam. Adakah yang seperti itu? Berikan jeda di antara aktivitasmu.

Kedua, ototmu tidak akan mudah berkembang jika terus memaksakan olahraga. Jika ingin tahu, cobalah berolahraga pada hari pertama dan lanjut ke hari ketiga jika kamu belum terbiasa dengan berolahraga, khususnya Aikido. Pasti terasa sekali otot pada badan yang nyeri. Ingat, nyeri otot bisa menimbulkan cedera kalau tidak hati-hati! Oleh karena itu istirahatlah teman-teman.

Tips keempat, “janganlah makan terlalu banyak” pernahkah kamu mengonsumsi makanan berat seperti nasi goreng, nasi campur atau makanan yang ber-es seperti es krim? Enggak direkomendasikan teman-teman. Tentunya kita boleh untuk makan sebelum olahraga, tetapi sebaiknya, makanan ringan saja seperti buah, sereal, dan makanan karbohidrat lainnya.

Selain itu, mengonsumsi makanan sebaiknya dilakukan 1-2 jam sebelum olahraga, kalau kita makan 10 menit atau 5 menit  sebelum olahraga, hendaknya kalian merasakan sakit perut yang tak terbayangkan. Tentunya setiap orang berbeda-beda. Kan tidak enak, kalau Latihan Aikido, tiba-tiba bagian perutnya sakit. Ini juga untuk menghindar cedera! Jangan lupa dengan minum yang cukup ya, kita pastinya tidak ingin dihidrasi saat Latihan.

Sumber gambar: https://www.sehatq.com/artikel/selamat-tinggal-sehat-sempurna-saatnya-mengacu-ke-pedoman-gizi-seimbang

Tips kelima dan terakhir, tentunya, aktivitas tambahan yang kita sering lakukan sebelum melakukan olahraga, khususnya Aikido dan bersifat wajib yaitu, “melakukan pemanasan, pendinginan, plus peregangan/stretching”. Mengapa penting?

Pemanasan sebelum olahraga, dapat membantu badan, jantung, otot kita secara bertahap agar saat berolahraga, tubuh kita sudah beradaptasi saat akan melakukan olahraga. Darah akan mengalir ke seluruh badan dan otot kamu pun siap. Peregangan atau stretching juga dapat membantu fleksibilitas kamu dan menghindar terjadinya cedera.

Itu saja beberapa tips yang patut kamu lakukan sebelum melakukan aktivitas berat maupun ringan, khususnya bela diri ya seperti Aikido. ‘Kalian tidak hati-hati masuklah ke rumah sakit’. Dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan senior, teman dekat, dan ahli ya untuk membantu kamu dalam berolahraga. Sampai jumpa!

Referensi

Puji, A. (2018, Januari 13). Cedera Saat Olahraga Bisa Dicegah Dengan 7 Tips Mudah. Hello Sehat. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/mencegah-cedera-saat-olahraga/

Redaksi Halodoc. (2018, Oktober 12). Bolehkah Makan Sebelum Berolahraga? halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/bolehkah-makan-sebelum-berolahraga

Redaksi Halodoc. (2018, Maret 26). Bolehkah Berolahraga Saat Sakit? halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/bolehkah-berolahraga-saat-sakit-

Sinaga, P. (n.d.). 10 Langkah Mencegah Terjadinya Cedera Akibat Olahraga. Dokter Indonesia. Diambil November 29, 2020, dari https://dokter.id/berita/10-langkah-mencegah-terjadinya-cedera-akibat-olahraga

Adrianus Dennis